Mari Berkebun

Yak kali ini kita membahas tentang hobi berkebun. Hobi yang satu ini bias dilakukan oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Hobi berkebun ini juga tidak memandang usia bisa yang tua ataupun yang muda. Selain sehat dan mempercantik perkarangan rumah, hobi ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat dari hobi berkebun antara lain berkebun sama dengan berolahraga. Saat berkebun kita melakukan aktivitas – aktivitas yang membakar kalori sehingga baik untuk kesehatan fisik dan psikis. Berkebun juga dapat menghilangkan stress, memberikan rasa optimis, melatih kesabaran, dan dapat memperpanjang usia. Karena kesehatan yang bagus dan pikiran yang tenang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Setelah kita mengetahui begitu banyak manfaat berkebun, sekarang kita mulai kegiatan berkebun dengan tips – tips berikut ini :

  1. Berkebun itu membutuhkan tenaga dan waktu, bagi yang belum terbiasa, bias dilakukan di akhir pekan bersama keluarga. Yang penting ada niat dan kemauan yang kuat untuk memperindah halaman rumah.
  2. Untuk lahan, bias menggunakan lahan kosong di sekitar rumah. Apabila lahan terbatas, dapat disiasati dengan menanam dalam pot atau polly bag. Dan sekarang juga sudah mulai berkembang metode hidroponik yaitu menanam menggunakan media air.
  3. Tanaman yang ditanam bias apa saja. Bisa dimulai dari yang paling mudah dan murah misalkan keperluan bumbu dapur seperti cabe dan tomat. Cabe dan tomat bias ditanam dengan menyebar bijinya. Murah atau mahal tidak menjadi prioritas dalam berkebun.
  1. Sudah mencoba menanam tapi kok mati terus ya? Jangan – jangan memang tidak bakat. Seringkan mendengar yang seperti itu, ketika sudah berusaha menanam tapi ternyata tanaman kita akhirnya mati. Jangan – jangankita “bertanganpanas” istilahuntuk orang yang tidak berbakat dalam bercocok tanam. Itu hanya mitos, sebenarnya dengan mempelajari tanaman tersebut kita bias melanjutkan hobi berkebun kita. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang tanaman tersebut. Dengan mengetahui kebutuhan tanamang tersebut akan mudah untuk berhasil menanamnya dengansubur.

Nah, mudah bukan untuk memulai hobi berkebun dengan menyenangkan. Tahu tidak, bukan hanya kita yang berkebun yang memperoleh manfaat dari lingkungan hijau yang kita buat. Tapi orang – orang yang berada di sekitar kita juga mendapatkan manfaat tersebut. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa orang akan merasa lebih nyaman berada pada lingkungan yang banyak tumbuhan hijau. Tunggu apa lagi, berkebun yuks!

Leave a Reply