Jangan “Resign” Sebelum Lakukan Ini!

Rasa lelah, rasa jenuh, rasa tertekan, atau bahkan tawaran di tempat lain yang lebih menggiurkan menjadi beberapa dari sekian banyak alasan seseorang untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang sedang ia lakukan. Beragamnya alasan ini menjadi faktor yang tidak mungkin terhindarkan di dalam dunia kerja. Yap! Mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan mungkin pernah kamu alami ya, Sisters? Atau jangan-jangan kamu sedang berfikir ke arah sana? Banyak faktor yang harus menjadi bahan pertimbangan jika kita ingin berhenti dari pekerjaan kita saat ini. Sebelum benar-benar mengambil keputusan besar itu, lakukan dulu hal-hal ini :

1. Mencari masalahHijapedia It's Your Community (146)

Jauh sebelum mengambil keputusan mundur, cari dulu masalah yang kamu hadapi di tempat kerja saat ini. Apakah itu tentang gaji mu? rekan kerja mu? atasan mu? lingkungan kerja mu? kebijakan tempat kerja mu? atau memang kamu sudah merasa karirmu tersendat? Kalau perlu buat daftar persoalan yang kamu hadapi ini.

2. Mencoba solusi

Cobalah solusi yang kamu anggap bisa menyelesaikan persoalan mu, atau setidaknya bisa membantu memecahkan masalahmu. Kamu bisa mulai dengan diskusi kecil dengan rekan kerja atau keluarga terdekat, tanya pendapat mereka. Atau lakukan hal lain yang relevan untuk menjawab persolan mu itu. Coba dulu lakukan sesuatu tentang pekerjaanmu.

3. Ask your self once again

Coba tanya dirimu sendiri,  apakah persoalan dan solusi yang kamu coba lakukan sudah benar-benar tepat. Sudah cukupkah kamu mencoba solusinya? Sudah cukupkah usahamu untuk menanggulanginya? Jika memang kamu sudah merasa cukup, coba tanya lagi pada dirimu, apa benar masalah mu sudah bisa terpecahkan atau malah memperparah?

4. Apa yang akan dilakukan selanjutnya?

Jika memang keputusanmu untuk mundur semakin besar, lantas apa langkahmu selanjutnya? Jika keputusan kamu berhenti adalah untuk pindah ke tempat lain yang lebih baik, maka carilah kesempatan itu. Jika rencanamu setelah itu adalah memulai bisnis, maka rancanglah business plan mu. Pastikan bahwa kamu memiliki rencana lebih baik untuk langkahmu selanjutnya. Ini sangat penting untuk menjadikan kamu pribadi yang lebih siap.

5. Libatkan Tuhan mu

Satu hal yang paling penting adalah melibatkan Tuhan mu dalam setiap keputusan. Maka beristikharah lah, Sisters! Minta kepada Allah untuk menunjukan kecenderungan terbaik pada pilihan yang harus kamu ambil. Jika memang kecenderungan itu sudah ada, maka jangan ragu lagi.

Mengundurkan diri dari pekerjaan adalah sebuah keputusan besar di dalam hidup, karena apa yang kita lakukan saat ini memiliki dampak pada hidup kita mendatang. Oleh karena itu, jangan pernah gegabah ya Sisters! Sekarang kamu sudah yakin kah dengan keputusanmu?

Leave a Reply