Mendidik Anak Ala Rasulullah: Mendidik Anak yang Islami

Mendidik anak ala Rasulullah- Rasulullah adalah contoh terbaik bagi setiap muslim, tidaka ada contoh lain yang patut ditiru kecuali Rasulullah. Rasulullah juga seorang ayah dan seorang suami, sehingga kita sebagai umat Rasulullah wajib mengikuti apa yang telah diajarkan Rasulullah, termasuk mendidik anak.

Anak adalah titipan dari Allah yang harus kita jaga. Maka dari itu kita sebagai orang tua harus memperhatikan tumbuh kembang anak sehingga anak menjadi anak yang salih dan salihah. Dalam mendidik anak terkadang kita melakukan kesalahan yang berdampak negative terhadap anak kita. Karena sebagai orang tua kita terkadang egois terhadap anak. Kita terkadang mengarahkan anak sesuai dengan kemauan kita. Kita terlalu memaksakan kehendak kita yang terkadang tidak sesuai dengan kehendak sang anak. Yang berujung bantahan dari anak dan akhirnya kita menghakimi bahwa anak kita bandel atau suka membangkang.

Bagi seorang muslim sebaiknya kita mengetahui cara mendidik anak ala Rasulullah. Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan terhadap anak dan diri kita sebagai orang tua. Hal yang utama adalah pendidikan anak, pendidikan islam karena pendidikan islam akan membawa anak menjadi individu dan pembentuk kepribadian secara islami.

Rasulullah mendidik anak dengan kecintaan, memanggil dengan bahasa yang lembut dan menyenangkan, memberi contoh yang baik dan lain sebagainya yang membuat jiwa anak menjadi lebih tenang dan tentram serta bahagia.

Pendukung pendidikan anak adalah sekolah yang islami. Memasukan anak-anak anda ke lembaga lembaga pendidikan yang islami ditopang oleh lingkungan pergaulan dan juga masyarakat. Kemudian juga yang harus anda perhatikan adalah pendidikan aqidah, kemudian pendidikan rukun iman, pendidikan ibadah dan juga pendidikan akhlak. Anda harus memberikan pengertian kepada anak bahwa sebaik-baiknya anak adalah mereka yang berakhlak mulia.

Selain itu anda juga harus mengajarkan kepada anak untuk bersikap ihsan. Ihsan adalah perbuatan manusia melaksanakan seluru ibadahnya secara baik dan benar. Perbuatan ihsan juga merupakan bentuk interaksi dengan siapapun mahluk Allah SWT. Ihsan disini bisa juga berate bersungguh sungguh dalam belajar  dan bekerja. Menjauhkan diri dari sifat balas dendam, pemaaf dan berinteraksi dengan baik.

Yang kedua yaitu amanah selalu menyampaikan amanah kepada orang lain tanpa mengulur ulur waktu,

Kemudian iklas, iklaslah di setiap langkah, mengiklaskan sesuatu adalah hal yang baik dalam hidup. selanjutnya adalah sabar. Karena orang yang sabar adalah orang yang dekat dengan Allah dan sabar adalah kunci dari segalanya dan menuju hidup lebih baik. Nah jadi sebagai umat muslim, kita harus pandai dalam mendidik anak ala Rasulullah sehingga anak kita akan sholeh dan sholeha.

Leave a Reply