Mengatasi Rambut Ketombe

Tidak sedikit pengguna hijab yang mengeluhkan ketombe. Ketombe. Yup, kondisi rambut yang berketombe ini memang membuat kepala tidak nyaman dan tangan rajin menggaruk kepala. Ketombe itu sendiri merupakan perpaduan dari minyak di kepala yang berlebih dengan para jamur yang tumbuh karena kondisi lembab pada kepala.

Jangan digaruk secara berlebihan. Karena itu akan merusak kulit kepala dan memudahkan virus atau kuman mudah masuk ke dalam tubuh. Dan rambut menjadi mudah rontok. Gatel? Wajar. Karena itu salah satu tanda bahwa kulit kepala sedang dalam kondisi tidak sehat. Stres yang berlebih juga mampu menimbulkan ketombe. Karena stres memicu minyak berlebih di kulit kepala.

Jadi, bagaimana mengatasinya saat kita menggunakan hijab sepanjang hari?

  • Biasakan untuk selalu menggunakan dalaman hijab dari bahan katun. Hal ini sangat membantu kulit kepala bernafas.
  • Jangan terlalu kencang saat mengikat rambut. Sedikit lebih longgar, tidak hanya nyaman untuk kita, tapi juga untuk kulit kepala.
  • Lepaskan hijab, dalaman hijab hingga ikat rambut, usai beraktifitas seharian. Gerailah rambut, untuk menstabilkan kondisi kulit dengan ruangan.
  • Cuci rambut saat merasa rambut mulai sedikit lengket atau lepek. Menggunakan daun lidah buaya atau perasan air jeruk nipis yang dicampur dengan santan, dapat membuat kepala sedikit relax.

Dan, jangan pernah mengikat rambut atau menutup rambut dengan dalaman hijab, saat masih dalam kondisi basah.

Selamat mencoba ^^

Leave a Reply