Menikah Muda? Siapa Takut!

Menikah merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim yang telah mampu untuk melakukannya. Kemampuan untuk menikah memiliki banyak faktor, tetapi saat ini kita tidak membahas masalah kemampuan untuk menikah tetapi lebih kepada keberanian untuk menikah di usia muda.

Menikah muda? Siapa takut!- Menikah adalah dimana sebagai pasangan kita telah diresmikan pada hari tersebut, hari dimana di ikrarkannya kita menjadi pasangan yang seutuhnya yaitu suami dan istri. Pada masa pernikahan kita harus memberikan dan mendapatkan hak dan kewajiban kita sebagai seorang suami ataupun istri.

Dalam sebuah pernikahan sebenarnya ada beberapa hal yang harus kita pelajari atau perhatikan karena setelah pernikahan berlangsung jangan sampai ada penyesalan yang terjadi karena sebelumnya kita tidak mengetahui apa saja yang mesti kita lakukan sebagai seorang suami maupun istri.
Dalam hal ini sebenarnya usia berperan penting dalam sebuah pernikahan. Karena kematangan usia seseorang terkadang mempengaruhi kualitas pemikiran seseorang. Cara berfiir, berpendapat dan menyelesaikan masalah dengan bijaksana. Pada dasarnya ada batasan usia yang pas untuk menikah sesuai dengan sariat agama islam dan juga peraturan pemerintah. Menikah terlalu muda kadang kala berdampak negatif pada pernikahannya karena terkadang seseorang atau pasangan yang masih usia muda memiliki sifat yang labil dan berakibat tidak baik pada hubungan mereka.

Menikah muda sebenarnya tidak masalah asalkan pasangan ini mampu menjaga rumah tangga mereka yang utuh, mampu menyelesaikan masalah sebijak mungkin, dan berkomitmen untuk tidak berpisah dengan beberapa masalah yang ada. Ada baiknya bagi calon pasangan yang ingin menikah muda harus sadar bahwa setiap sesuatu pasti ada masalah atau pun rintangan dalam setiap hal, itu kembali lagi pada kita sebagai suami atau pun istri kita mampu atau tidak menghadapi dan menyelesaikannya agar pernikahan kita tetap utuh.

Menikah muda menghindari anda dari perbuatan yang tidak diinginkan, menikah muda membuat anda dan pasangan menjadi lebih dewasa, serta dengan menikah diusia muda maka anak-anak anda kelak akan memiliki waktu bersama anda lebih lama.

Menikah muda berarti anda dan pasangan anda berada dalam usia produktif sehingga peluang untuk memiliki kemampuan membangun rumah tangga dengan anak-anak yang sehat dan cerdas lebih besar. Dengan banyaknya keuntungan dari menikah muda, apakah anda masih takut? So,, menikah muda? Siapa takut!

 

Leave a Reply