Menjaga Kehalalan sebuah Proses Ta’aruf

 

Menjaga kehalalan sebuah proses ta’aruf – Ta’aruf merupakan sebuah proses yang harus dilalui oleh setiap muslim yang ingin menemukan jodohnya dan dilanjutkan ketahap pernikahan. Ta’aruf adalah bersilaturahmi, proses pendekatan dimana pria dan wanita saling mengenal dengan cara berkenalan bertamu kerumah seseorang. Namun pertemuan disini diartikan dalam maksud mencari jodoh. Pertemuan dalam ta’aruf bertujuan agar si calon jodoh setuju dengan maksud pernikahan yang akan mereka lakukan. Jika orang tua telah setuju maka tinggal memberi keputusan kepada kedua calon, jika mereka telah setuju maka tinggal membicarakan pernikahan atau khitbah. Pertemuan ini harus dilakukan dengan tetap memegang teguh keyakinan untuk tidak membuat kegiatan ta’aruf menjadi sebuah kegiatan yang mengandung fitnah bagi kedua orang yang berta’aruf serta keluarga besar mereka.

Untuk Menjaga kehalalan sebuah proses ta’aruf maka harus di lakukan dengan benar dan dengan sari’at islam tanpa melakukan sesuatu di luar jalur dari ta’aruf yang sesungguhnya menurut ajaran agama islam. Adapun ta’aruf yang benar adalah. Datangya keluarga pria berkunjung atau bersilaturahmi ke rumah keluarga wanita untuk berkenalan. Setelah itu hendaklah wanita dan pria ini tidak duduk berdekatan. Dan tidak bertatapan muka terlalu lama, karena akan mengakibatkan nafsu jika terlalu lama.

Setelah itu hendaklah apa pun yang di lakukan oleh pria dan wanita ini harus diiringi oleh keluarga mereka agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Ta’aruf di sini karena maksudnya bersilaturahmi mereka diperbolehkan mengobrol akan tetapi dengan di saksikan oleh keluarga.

Bagi si wanita hendaklah memakai  jilbab yang sangat tertutup karena mencerminkan bahwa aurat harus tertututp, dan juga dianjurkan untuk menggunakan cadar, ini bertujuan agar si calon suami penasaran akan wajah calon istri. Akan tetapi proses penutupan wajah menggunakan cadar ini di lakukan jika mereka sebelumnya belum pernah bertemu.

Tetaplah bersikap sesuai dengan peraturan ataupun syariat islam mengenai ta’aruf karena ta’aruf merupakan silaturahmi dengan maksud mencari jodoh yang baik untuk kita kelak. Karena kesucian niat akan membuat proses perkenalan ini menjadi lebih baik dan in sya Allah akan berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi lagi, yaitu membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warohmah.

Semoga artikel tentang menjaga kehalalan sebuah proses ta’aruf ini bermanfaat bagi anda yang ingin berta’aruf sehingga proses ta’aruf anda menjadi lebih suci dan indah serta kehalalan ta’aruf sesuai dengan sari’at islam pun tetap terjaga.

 

 

Leave a Reply