Menu masakan harian – Dalam mengatur menu makanan setiap hari peran seorang istri atau Ibu dari anak-anak tentunya sangatlah berpengaruh baik bagi kesehatan maupun keutuhan keluarga. Jika ingin menu masakan tidak tampak membosankan tentunya dibutuhkan kekreatifan yang cukup untuk membuat menu masakan harian, untuk itulah adanya daftar menu makanan harian sangat diperlukan bagi para istri agar nantinya para istri dapat dengan mudah mengatur anggaran belanja keluarga. Memilih menu masakan harian bukan hanya terpacu oleh rasa dan jenis yang variatif yang beragam, namun gizi yang seimbang dan sehatpun harus menjadi dasar dari setiap sajian masakan. Jika kita bisa membuat daftar menu masakan yang teratur hal ini tentunya bisa memberikan kepuasan tersendiri untuk anggota keluarga dan terutama bagi kita sendiri.

Membuat daftar menu masakan harian memang tidak bisa dibilang mudah, terutama untuk seseorang yang baru menjalankan rumah tangga, peran sebagai istri baru tentu membutuhkan waktu untuk penyesuaian dalam segala hal, maka dari itu sebaiknya mulailah melatih diri untuk membuat olahan masakan dan camilan dirumah, karena walau bagaimanapun tentunnya kualitas masakan buat rumah akan lebih terjamin dari segi kesehatan dan kebersihannya. Jika sudah bisa terbiasa, tentunya mengatur menu masakan bukan lagi hal yang sulit, terutama jika kita sudah mengenal selera makan suami dan anak-anak kita. Di era digital seperti saat ini memilih masakan sudah sangat mudah, kita bisa memanfaatkan mesin pencarian seperti google untuk menampilkan referensi resep-resep dari menu masakan yang akan kita olah.

menu masakan harian

Makanan yang mengandung gizi sehat

Sumber olahan makanan sehat mengandung karbohidrat, zat besi, protein, dan lemak semuanya memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Yang perlu kita ingat  adalah selalu mengatur pola makan dan rajin berolah raga. Setiap makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh pasti menghasilkan sisa-sisa metabolisme yang seharusnya segera dikeluarkan dari dalam tubuh, dan salah satu cara mudah untuk mengeluarkan sisa metabolisme ialah melalui keringat, oleh sebab itu alasan inilah yang memperkuat agar kita rajin berolah raga, karena racun sisa-sisa metabolisme tidak boleh mengendap terlalu lama didalam tubuh.

Menu Masakan Harian yang sehat untuk sarapan, makan siang dan makan malam

Sarapan pagi sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis makanan yang berat seperti nasi, untuk itu menu nasi bisa digantikan dengan beberapa menu dibawah ini

Daftar Menu untuk Sarapan

  1. Roti, salah satu menu yang mudah disajikan dan dapat divariasikan dengan olahan keju, susu, atau selai buah seperti nanas dan strawberry. Jika Anda sedang menjalani pola diet sehat Anda bisa mengganti roti biasa dengan olahan roti gandum yang dipadukan dengan selai kacang dan serta segelas susu lowfat.
  2. Menu yang satu ini pasti banyak disukai anak-anak, pancake sangat cocok dipadukan dengan saus caramel jika ingin lebih sehat saus caramel dapat dibuat dengan kandungan yang rendah gula.
  3. Menu oatmel sebenarnya sangat bagus dikonsumsi ketika sarapan, memasak oatmel bisa dicampur dengan susu segar dan buah berries, atau buah lainnya seperti pisang dan alpukat, jika Anda menyukai rasa oatmeal yang cenderung gurih Anda bvisa menyajikan oatmeal yang dicampur kaldu, jagung dan kacang polong.

Tips sarapan : Sarapan yang tinggi protein akan mampu mensuplai tubuh kita dengan energi dan nutrisi yang penting tanpa meningkatkan kadar insulin dan kadar gula dalam darah. Sarapan pagi seperti tinggi protein bisa mengurangi ketergantungan kita terhadap karbohidrat

menu masakan sehari-hari murah

Daftar Menu untuk Makan Siang

Untuk menu makan siang hari, makanan sehat yang bisa dipilih contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Nasi merah. Nasi merah memang sangat baik dikonsumsi untuk menu utama makan siang hari, kandungan gula yang terdapat dalam nasi merah lebih sedikit dibandingkan nasi putih, selain itu nasi merah biasanya tidak akan membuat Anda terlalu kenyang dan cepat mengantuk.
  2. Sup. Mengkonsumsi sup sangat baik untuk mengembalikan energi tubuh dalam tubuh Anda setelah melakukan aktivitas seharian. Sup dengan kombinasi sayuran dan pasta sangat cocok untuk dikonsumsi siang hari.

Tips : Makan siang  sebaiknya mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan juga mengandung  karbohidrat yang cukup untuk mengembalikan kalori dan energi yang lebih rendah agar tubuh tetap segar sepanjang hari

Daftar Menu untuk Makan Malam

Pilihan menu makan malam dapat dipilih menu sebagai berikut:

  1. Jika kita tidak merasa terlalu lapar sebaiknya kita tidak perlu lagi mengkonsumsi nasi dengan segala macam jenis lauk pauk yang ada, buah dapat menggantikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh setelah kita banyak melakukan aktivitas seharian
  2. Sereal gandum. Gandum memang sangat baik dikonsumsi untuk malam hari, karena tidak ada kandungan gula berlebih yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah ketika kita beristirahat.
  3. Susu lowfat; jika kita tidak sempat membuat menu makanan sereal gandum, Anda dapat memilih cara yang lebih mudah dengan meminum susu lowfat.

Tips : sebaiknya antara makan malam dan tidur memiliki jeda kurang lebih selama 2 jam, jika tidak merasa terlalu lapar sebaiknya tidak perlu makan malam

sekian ulasan tentang menu masakan harian yang sehat untuk keluarga, semoga bermanfaat ya!

Baca juga : Haruskah perempuan pandai memasak? ini alasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here