Menuai Pahala Saat Haid

Menuai Pahala Saat Haid. Saat-saat haid seringkali diidentikkan dengan masa-masa libur beramal bagi wanita. Karena pada masa tersebut wanita diharamkan mengerjakan beberapa amalan ibadah-ibadah maghdoh yang disyariatkan oleh Allah SWT. Seharusnya tidaklah demikian. Sebenarnya, masih banyak amalan yang bisa dikerjakan oleh kaum hawa sekalipun mereka sedang berada dalam kondisi haid.

Sister tentu tidak ingin kehilangan kesempatan untuk menuai pahala bukan? Oleh karena itu, jangan lalaikan masa-masa haid kita dari menuai pahala dari sisi Allah. Tetaplah bersemangat menuai pahala dengan mengerjakan amalan sunnah yang dibolehkan saat haid.

Berikut adalah beberapa ladang pahala yang bisa kita optimalkan untuk menuai pahala di sisi Allah:

  • Dzikrullah

yaitu mengingat Allah dalam berbagai keadaan. Secara lisan dzikrullah bisa dilakukan dengan mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah, seperti takbir, tahmid, tasbih dan tahlil. Selain itu, doa juga termasuk dzikrullah yang akan mendekatkan diri kita kepada Allah.

  • Menuntut ilmu dan mengajarkannya

Menuntut ilmu termasuk ibadah jika diniatkan untuk mencari ridho Allah. Menuntut ilmu merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim sepanjang hayatnya. Menuntut ilmu tidak harus di institusi formal. Banyak media belajar yang bisa dimanfaatkan untuk menambah khasanah pengetahuan kita.

Selain menuntut ilmu, kita juga dianjurkan untuk mengajarkan ilmu yang dimiliki pada orang lain Transfer ilmu merupakan sedekah jariyah yang tak ternilai harganya. Pahalanya akan terus mengalir selama ilmu yang ajarkan dimanfaatkan oleh orang yang menerimanya.

  • Birul walidain

Subhanallah, tidak perlu jauh-jauh untuk menuai pahala saat haid. Cukup dengan memperbaiki bakti kita pada kedua orang tua. Merawat keduanya dengan penuh kasih sayang jika mereka masih hidup. Kemudian, mendo’akan keduanya jika mereka sudah mendahuli kita di dunia.

  • Bakti pada suami

Jika sudah menikah, maka ladang pahala itu juga akan bertambah. Setiap hari tentunya kita disibukkan dengan berbagai urusan domestik untuk melayani kebutuhan suami. InshaAllah ini pun akan menjadi ladang pahala bagi kita.

Sekarang bagi muslimah tidak ada masalah lagi untuk menuai pahala saat haid karena kita punya berbagai ladang amal yang bisa kita lakukan. Tak perlu ragu-ragu untuk mengamalkan beberapa amalan-amalan ibadah saat haid, semoga bacaan ini bermanfaat ya Sist’.

Leave a Reply