Larangan Menyebarkan Rahasia Rumah Tangga

Di dalam rumah tangga, ada rahasia-rahasia yang dimiliki oleh pasangan suami istri yang tidak patut untuk diketahui selain mereka. Segala hal intim seperti kekurangan suami atau istri, keburukan, serta persoalan pribadi lainnya tidak boleh keluar ke arena publik. Islam melarang keras jika ada hal seperti persoalan ranjang diceritakan ke orang lain. Karena yang datang dari hal itu hanya keburukan.

Abi Sa’id al Khudri ra. menyebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya manusia yang paling buruk tempatnya disisi Allah pada hari kiamat adalah : suami yang memberitahu rahasia kepada istrinya dan istrinya pun memberitahukan kepadanya, kemudian salah seorang dari keduanya menyebarkan rahasia pemiliknya.” (HR. Abu Daud)

Dalam riwayat lain, “Sesungguhnya amanat yang paling besar disisi Allah pada hari kiamat adalah suami yang memberi tahu rahasia kepada istrinya, dan istrinya memberi tahu rahasia kepadanya, kemudian ia menyebarkan rahasia istrinya.” (HR. Muslim)

Cukuplah suami istri menyelesaikan persolan mereka berdua. Terlebih ketika percekcokan terjadi, emosi yang kerap menyelimuti harus segera diredam sehingga semua niat buruk untuk bercerita ke orang lain segera lenyap dan kembali penuh dengan rasa sayang. Jika persoalan ini tidak dapat diselesaikan berdua, maka diperbolehkan mencari orang bijak yang dipandang amanah untuk mediasi. Bukan kepada mereka yang tidak bisa dipercaya.

Anjuran lain dalam Islam untuk menjaga rahasia di dalam rumah adalah seseorang dilarang bertanya tentang sebab seseorang memukul istrinya. Umar ra. berkata bahwa Rasulullah saw bersabda : “Janganlah seseorang bertanya tentang alasan mengapa ia memukul istrinya.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

Hal ini ditujukan untuk melindungi perkataan lain yang mungkin akan terucap jika ada yang bertanya demikian. Terlebih jika amarah masih meliputi, biasanya akan lebih mudah seseorang bicara tentang kejelekan orang lain.

“Barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupinya pada hari kiamat.” (HR. Muslim)

Sisters, segala rahasia yang kita miliki bersama suami cukuplah kita jaga bersama di dalam rumah. Rahasia ini yang akan menambah kehangatan suami istri, karena mereka adalah spesial satu dengan yang lain. Tumbuhkan yuk rasa saling menjaga diantara kita.

Leave a Reply