Merekatkan Hubungan Lewat Kenangan

Hubungan yang rekat dan hangat, tentu menjadi dambaan setiap pasangan suami istri (Pasutri). Momen-momen romantis tentu sangat banyak terjadi di awal-awal pernikahan. Lalu, seiring berjalannya waktu, momen-momen itu akan berkurang bahkan menghilang, terganti dengan rutinitas mengurus keluarga. Meski demikian, itu bukan berarti kehangatan hubungan Pasutri tidak bisa sehangat di awal pernikahan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk merekatkan dan menghangatkan hubungan Pasutri adalah lewat kenangan. Seperti dipaparkan Dennis Rainey, seorang kolumnis masalah keluarga, kenangan merupakan aset keluarga yang sangat kuat untuk menyatukan hati setiap anggotanya. Lalu, bagaimana kenangan indah itu dapat merekatkan dan menghangatkan hubungan keluarga sepanjang masa? Lanjutkan baca yuk..

  • Kenangan tercipta melalui berbagai petualangan. Banyak Pasutri yang tidak tahu bagaimana caranya menjalani hidup bersama dengan cara yang menyenangkan. Alih-alih mengambil destinasi wisata yang mainstream, cobalah mengambil rute perjalanan ke destinasi wisata menantang, seperti camping di kaki gunung, menjejalah hutan atau berwisata ke pantai yang  lokasinya belum banyak dikenal orang.
  • Kenangan terbuat secara sengaja maupun tak sengaja. Sisters, pastikan tradisi-tradisi yang selama ini dilakukan anggota keluarga terlaksana dengan baik. Misalnya agenda liburan tahunan bersama, atau perayaan hari ulang tahun pasangan. Pasti akan muncul berbagai cerita unik dan mungkin lucu dari setiap tradisi itu,  yang nantinya bakal menjadi kenangan sepanjang masa. Meski demikian, jangan lupa “memperhatikan” kenangan-kenangan yang tercipta secara tak sengaja. Misalnya, ketika masakan Anda gosong, dan suami tertawa terpingkal-pingkal karenanya. Pokoknya, jangan ragu untuk bersikap spontan dan mengikuti kata hati.
  • Kenangan harus dirayakan. Kenangan bukanlah kenangan jika tidak dibicarakan. Misalnya, coba lihat foto ketika Anda dan pasangan pergi camping ke gunung, dan ingat-ingat kembali kejadian konyol apa yang mungkin terjadi saat itu, lalu tertawalah bersama. Bagikan kenangan itu kepada orang terdekat, kerabat ataupun kawan, saat sedang makan malam keluarga, atau bahkan arisan!
  • “Menangkap” kenangan. Dokumentasikan kenangan Anda, bisa dengan kamera video juga foto-foto. Selain menampung foto-foto kenangan dalam sebuah album, kamu juga bisa mengembangkan kreativitas “menangkap” kenangan ini dengan membuat scrapbook yang unik.

Memang perlu usaha untuk merawat hubungan pernikahan, salah satunya adalah dengan merekatkan hubungan lewat kenangan . Jadi, tunggu apa lagi, segera buat dan rekam kenangan terbaikmu bersama pasangan, dan selamat berbahagia! (Erwina Tri)

Leave a Reply