Merintis Bisnis dari Sebuah Hobi

Banyak orang sukses karena menukuni hobi dan tanpa sadar telah menjadikan hobi tersebut sebagai sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Menekuni sebuah usaha memang bisa dimulai dengan berbagai cara. Salah satunya ialah memanfaatkan hobi atau kegemaran yang dimiliki untuk merintis bisnis sampingan.

Menikmati hobi setelah beraktivitas memang menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Melukis pada akhir pekan atau melakukan hobi fotografi pada waktu senggang menjadi kegiatan yang dapat menghilang penat setelah bekerja. Demikian juga memasak bagi anda yang hobi meracik bahan makanan dan bumbu menjadi makanan yang lezat. Memang terkadang terlintas dipikitan jikalau hobi anda bisa manjadi pekerjaan sehar-hari, tentunya sakan sangat menyenangkan.

Namun sayang, tak semua orang beruntung mendapatkan kesempatan itu. Ada saja aral melintang untuk dapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi atau passion. Nah siapapun anda, baik pensiunan hingga fresh graduate, sebelum memutuskan untuk memulai bisnis dari hobi ada baiknya simak terlebih dahulu tips dibawah ini:

  1. Kenali pasar anda. Sebelum memulai bisnis baru, ada baiknya anda mencari tahu seperti apa target pasar bisnis yang akan dijalankan. Apakah pasar sasaran tersbeut ada? Jika anda tidak melakukannya, modal bisnis telah  dikeluarkan bisa jadi akan sia-sia.
  2. Peka dan cermat melihat peluang. Bersiaplah untuk bertemu dengan pasang surut dunia bisnis. Apa yang terjadi di sekeliling seperti harga BBM dan sembako yang naik atau turun bisa memberikan efek terhadap bisnis yang sedang anda jalankan. Apalagi, kondisi keuangan bisnis akan sangat dipengaruhi bisnis fotografi menyarankan para pebisnis untuk selalu membuat investasi kecil diluar bisnis yang menjadi focus utama, sehingga bisa salting menopang kelancaran dari bisnis yang di jalankan.
  3. Jangan terburu-buru. Karena pada awalnya andalah akan menjalankan bisnis, cermatilah prihal wkatu. Jangan langsung paksakan diri mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan mengambil orderan yang akan sangat menyita wkatu pada saat bisnis anda baru saja dimulai. Sebagai permulaan, pilihlah pekerjaan atau orderan yang ringa-ringan saja. Janganlah membuat bisnis baru sesibuk pekerjaan lama anda. Apalagi masih banyak hal yang harus anda pelajari terlebih dahulu.

Jika anda sudah memulai dan memiliki tips dan trik berbisnis dari hobi, jangan sungkan untuk menjalankannya. Selamat mencoba :)

Leave a Reply