Mungkinkah Menikah Beda Agama?

Mungkinkah Menikah beda agama?- Menikah adalah satu taphapan kehidupan dimana dua orang yang memiliki banyak perbedaan memutuskan untuk hidup bersama menjalani kehidupan sampai hari tua. Menjalin hubungan dengan pasangan yang kita cintai dan kasihi adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan dan membuat perasaan kita bahagia disetiap waktu.

Pernikahan sebenarnya memiliki beberapa hal, proses yang mesti kita lalui sebelumnya. Baik itu proses perkenalan yang bertujuan untuk mengenali sifat pasangan kita yang disebut dengan fase pengenalan dan pendekatan. Setelah kita dan pasangan merasa cocok barulah kita melaksanakan proses yang lebih serius yaitu tunangan atau juga bisa langsung lamaran. Tentunya hal tersebut tidak luput dari campur tangan orang tua yang akan memberikan restu kepada kita agar proses pernikahan berjalan dengan lancar yang sesuai dengan kemauan kita.

Masa pendekatan disini haruslah benar-benar kita lakukan dengan bijak karena jangan sampai setelah anda menikah anda menyesal dengan pasangan anda yang ujung-ujungnya berdampak perceraian pada pernikahan anda. Yang harus benar anda perhatikan adalah latar belakangnya, latarbelakang keluarganya, tempat tinggal mereka, asal-usul dan juga agama yang mereka percayai. Dalam pernikahan agama sangat berperan penting. Karena suatu perbedaan yang anda anut mungkin akan menjadi masalah di kemudian hari.

Menjalin suatu hubungan adalah awal untuk melakukan proses yang lebih serius lagi yaitu menuju jenjang pernikahan. Pernikahan adalah suatu acara yang sakral yang di inginkan oleh setiap pasangan yang dimabuk cinta. Karena pernikahan adalah proses peresmian dimana di resmikannya kita sebagai sepasang suami istri. Pasangan suami istri yang bahagia dan menjalani mahligai rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rohhmah.

Memang saat menikah semua pasangan memiliki perbedaan masing-masing, membawa kebiasaan masing-masing. Sebaiknya, bagi anda yang ingin menikah, perbedaan yang terjadi hanya merupakan perbedaan kecil-kecil saja, karena saat berumah tangga perbedaan kecil kadang akan menyulut perbedaan pendapat atau pertengkaran.

Bagaimana dengan perbedaan agama? Secara hukum negara mungkin perbedaan beda agama mungkin dilakukan, tetapi bagi agama-agama tertentu mungkin akan menjadi hambatan. Sebenarnya menikah berbeda agama bukan masalah mungkin atau tidak, tetapi kembali lagi kepada meminimalkan perbedaan anda dengan pasangan hidup, perbedaan yang sangat besar, baik latar belakangan, tingkat sosial, pendidikan dan lain-lain akan sangat berpotensi menjadi pemicu pertengkaran, sementara yang kita inginkan dari sebuah pernikahan adalah ketenangan hidup.

Untuk itu anda harus berdiskusi sebelumnya mengambil solusi yang terbaik untuk hubungan anda. Akan tetapi terlintas di fikiran kita bahwa Menikah beda agama? Apakah mungkin?. Sebenarnya itu mungkin saja. Karena dalam pernikahan tidak ada yang memaksakan anda. Andalah yang berhak menentukan dengan siapa anda akan menikah. Akan tetapi jika kita melihat dari sudut pandang agama, contohnya saja Islam. Agama islam tidak memperbolehkan pernikahan beda agama. Karena itu hukumnya haram.

 

Leave a Reply