Penyebab telinga berdenging

Penyebab Telinga Berdenging – Anda pernah mengalami tinnitus sebelumnya? Kemungkinan besar Anda akan mengalaminya lagi saat sedang hamil. Namun, Anda jangan panik dulu. Tinnitus sebenarnya bukanlah gangguan kesehatan yang berbahaya untuk bayi Anda. Beberapa kondisi kesehatan atau lingkungan memungkinkan Anda mendengar dengung di dalam telinga.

Penyebab Telinga Berdenging Saat Hamil

  • Memiliki riwayat tinnitus akan meningkatkan resiko kembalinya gejala ini di masa kehamilan.
  • Menjalani masa pengobatan sebelum dan masa kehamilan. Misalnya saat Anda sedang mengalami trauma di kepala sehingga membutuhkan perawatan lebih lanjut dan menjalani pengobatan. Ini bisa memicu kembalinya tinnitus.
  • Sres ternyata bisa meningkatkan resiko tinnitus. Apa lagi wanita hamil yang rentan mengalami stres kronis. Karena itu, kelola stres Anda dengan baik. Selain itu, kesehatan mental juga bisa memicu munculnya kembali gejala ini baik itu pre dan postpartum depression.
  • Mengalami tekanan darah tinggi. Naiknya volume darah bisa mengakibatkan hipertensi yang mana bisa menimbulkan resiko pulsatile tinnitus (mendengar suara detak jantung). Hanya penderita tinnitus yang bisa mengalami hal ini. Biasanya dokter akan meletakkan sebuat alat di kepala penderita untuk mendengar suara yang dialaminya.

Apakah Tinnitus Merupakan Hal Normal Selama Masa Kehamilan

Para pakar kesehatan banyak yang mengatakan bahwa pendengaran berdengung dikalangan wanita hamil adalah hal wajar. Hal ini biasanya muncul di 8 minggu awal kehamilan (tiga bulan awal) dan berlanjut selama masa kehamilan.

Gejala tinnitus ini juga terjadi secara bervariasi, ada yang mendengar suara desis angin, suara dengung dan suara berisik lainnya. Banyak juga yang mengeluhkan tentang detak jantung dan ini sudah pasti akan sangat mengganggu.

Berbagai Jenis Tinnitus Yang Wajib Anda Pahami

Dengan mengatahui penyebab telinga berdenging, Anda akan tahu kemungkinan jenis tinnitus yang menyerang Anda. Dari situs Deal with Tinnitus, ada beberapa jenis yang harus digarisbawahi.

Pulsatile Tinnitus

Pulsatile Tinnitus  masuk dalam kategori Objective Tinnitus. Ini menyebabkan penderita mendengar denyut jantungnya sendiri akibat tekanan darah tinggi. Anda bisa mengeceknya dengan menekan pembuluh nadi di pergelangan tangan lalu samakan dengan tempo suara di telinga Anda.

Subjective Tinnitus

Subjective Tinnitus merupakan yang paling umum terjadi. Intensitasnya pun bermacam-macam dan berbeda-beda. Beberapa orang mendengarkan denging yang sangat kencang dan sisanya lebih rendah. Umumnya, teknik pengobatan tertentu menyebabkan terjadinya subjective tinnitus ini yang mana menghancurkan sel bulu halus di area cochlea yang bertugas menangkap suara dan mengirimkannya ke otak. Jika sel ini hancur, seseorang akan mengalami masalah pendengaran.

Obat Telinga Berdenging Khusus Ibu Hamil

Hal paling penting dalam penanganan tinnitus bagi ibu hamil adalah berkonsultasi ke dokter. Mereka akan melakukan serangkaian pemeriksaaan dan menentukan prosedur pengobatan yang tepat agar tidak mengganggu kesehatan ibu hamil.

Bila Anda mendapati cairan keluar dari telinga, tidak usah menunggu lama sampai berlarut-larut. Telinga berair merupakan indikasi serius yang perlu diperiksa lebih lanjut apakah ada infeksi atau tidak. Jika benar, Anda mungkin perlu penanganan anti-biotik. Berikut adalah sejumlah penanganan penting untuk tinnitus Anda berdasarkan jenisnya.

Sinositis

Opsi yang paling aman adalah dengan mengunakan sea water nasal sprays. Pengobatan seperti ini dianggap paling aman untuk ibu hamil yang memiliki penyakit sinositis dan terkena tinnitus. Namun demikian, pengobatan ini membutuhkan waktu yang lama.

Tekanan Darah Tinggi

Dilansir dari situs Deal with Tinitus, ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi dan tinnitus bisa mencoba pengobatan berikut ini:

Methyl-Dopa

Obat ini digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan diklaim aman untuk ibu hamil. Methyl-dopa bekerja dengan cara melebarkan pembuluh dara sehingga sirkulasi darah lebih lancar dan oksigen terangkut dengan baik ke seluruh tubuh. Selain itu, obat ini juga disinyalir mampu menurunkan resiko gagal jantung, gagal ginjal dan stroke. Akan tetapi, Anda tidak boleh mengkonsumsi obat ini tanpa pengawasan dokter. Pastikan mendapatkan persetujuan ahli kesehatan Anda. Apa lagi bila memiliki alergi.

Labetalol

Obat ini merupakan salah satu solusi yang bagus dengan cara menghentikan penyebab telinga berdenging. Labetalol akan menurunkan tekanan darah yang dialami oleh ibu hamil, sehingga tidak menyebabkan tinnitus muncul.

Nifedipine

Nifedipine sebanarnya tidak terlalu populer di sini. Namun demikian, obat ini biasa dipakai untuk mengatur tekanan darah dan dilaporkan hanya 43 pasien yang mengalami tinnitus setelah menjalani pengobatan ini.

Pengobatan lain yang bisa Anda coba bisa menggunakan beberapa terapi dan alat berikut ini:

  1. Disarankan mengunjungi dokter ENT atau otolaryngologist
  2. Coba sering-sering mendengarkan musik yang lembut, misalnya musik klasik. Jauhi mendengarkan suara musik dengan volume tinggi.
  3. Dengarkan mp3 suara alam
  4. Memakai alat bantu dengar yang membantu mengurangi tinnitus Anda.
  5. Selalu rileks dan jauhi stres.

Catatan: Semua informasi pengobatan dan pencegahan penyebab telinga berdenging diatas harus mendapatkan pengawasan dokter. Pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan ahli kesehatan pribadi Anda demi keamanan Anda dan kesehatan janin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here