Panduan Perempuan Berhijab dalam Membangun Karir

Sebagai perempuan muslim yang mengenakan hijab, membangun karir saat ini bukan sesuatu yang aneh lagi. Sangat banyak perempuan yang mengenakan hijab memiliki karir gemilang. Hijapedia tahu, bahwa kamu pasti salah satu yang sedang meniti karirmu. Di dalam prosesnya, ada hal-hal yang tetap harus kamu jaga dan lakukan. Sebuah panduan menjadi muslimah yang sedang membangun karir dan tidak lepas dari jati dirinya. Karena sebagai muslimah, kita memiliki tanggung jawab lebih dari sekedar pada diri sendiri.

 

1. Tunjukan jati diri muslimah sejati

Perkenalkan dirimu sebagai perempuan muslim yang memiliki akhlak baik. Jadi diri sendiri yang mampu muncul menjadi sosok muslimah sejati. Artinya, biarkan orang lain menaruh hormat lebih pada cara kita berperilaku hingga berbusana sehari-hari. Jati diri muslimah sejati adalah yang bisa berprestasi dalam keanggunan dan ketaqwaan.

 

2. Jangan gadaikan hijab

Jadikan hijab sebagai benteng pertama dalam berperilaku. Jangan pernah gadaikan hijab demi kenaikan pangkat atau jenjang karir gemilang. Artinya, batasi diri pada pergaulan yang tidak semestinya, pekerjaan yang tidak pada koridornya, serta ajakan lain yang bisa merusak makna hijabmu.

 

3. Sopan, santun, tegas

Menjadi perempuan muslim harus tegas, artinya memiliki pendirian serta tidak lemah gemulai. Interaksi kita dengan banyak orang termasuk lawan jenis harus membuat diri kita lebih berhati-hati. Barengi semua sikap dengan cara yang sopan dan santun. Bukan lemah gemulai, namun tetap anggun berpendirian.

 

4. Pilih pakaian kerja yang tetap syar’i

Saat ini sudah banyak toko busana muslimah yang menyediakan pakaian kerja untuk mereka yang berhijab. Pilih pakaian yang tetap sesuai kaidah Islam. Tidak ketat, tidak menerawang, tidak menyerupai laki-laki. Maraknya desain baju kerja untuk muslimah bisa mempermudah kita untuk tampil baik dan rapih namun tetap syar’i.

 

5. Kamu representasi Islam

Ingat! Dimanapun kamu berada, kamu adalah representasi wajah Islam, wajah perempuan muslim. Oleh karena itu bertindaklah dan berperilakulah sebagaimana Islam menganjurkan. Semakin baik kamu tampil sebagai muslimah, semakin baik pula wajah Islam di mata masyarakat, semakin santun pula cerminan perempuan muslim.

 

Menjadi bagian dari muslimah adalah sebuah anugerah. Setiap diri kita memiliki tanggung jawab lebih. Termasuk dalam proses meniti karir di dunia kerja. Oleh karena itu, yuk Sisters kita sama-sama menjaga dan terus melesat!

Leave a Reply