Pemicu Dan Dampak Kejenuhan Dalam Bekerja Yang Harus Diwaspadai

Mendapatkan pekerjaan, apalagi pekerjaan yang selama ini Anda impikan tentu merupakan sebuah kebanggan dan kepuasan tersendiri. Namun seiring berjalannya waktu dengan rutinitas yang monoton, seringkali membuat Anda menjadi mudah bosan, frustasi dan bahkan stress. Kejenuhan ini apabila dibiarkan berlanjut dan tidak segera diantisipasi, maka akan memicu timbulnya masalah yang lebih serius.

Hijapedia It's Your Community (44)

Pada dasarnya ada beberapa pemicu dan dampak kejenuhan dalam bekerja yang harus diwaspadai, berikut diantaranya:

1. Pemicu kejenuhan kerja:
a. Kegagalan mencapai target berkaitan dengan rendahnya kepuasan diri dalam pekerjaan. Terlebih, bila kegagalan ini disertai teguran atasan tentu ini akan memicu timbulnya rasa kecewa dan pesimis.
b. Lingkungan Tak Kondusif. Situasi tempat kerja sangat berpengaruh terhadap semangat Anda dalam bekerja. Lingkungan kerja yang kurang kondusif juga dapat memicu kejenuhan dalam bekerja.
c. Kurang Motivasi. Motivasi dalam bekerja sangat dibutuhkan. Jika Anda kurang mendapat dukungan dari baik dari rekan kerja, atasan maupun diri sendiri, tentu Anda akan lebih mudah jenuh.
d. Tak Seimbang. Ketidakseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi penyebab paling umum kejenuhan dalam bekerja.

Baca juga: 5 Tips Menjadi Lebih Kreatif Dalam Bekerja

2. Dampak kejenuhan kerja:
a. Tidak Bersemangat. Kejenuhan membuat Anda menjadi tidak bersemangat dalam menjalankan atau menyelesaikan tugas di kantor. Apabila semangat mulai menurun, maka dapat dipastikan produktivitas Anda pun akan menurun sehingga berdampak pada hasil atau prestasi kerja yang menurun.
b. Mudah Emosi. Ketika Anda dilanda kejenuha yang luar biasa, emosi pun menjadi tidak terkontrol, sehingga Anda akan menadi lebih mudah marah dan tersinggung.
c. Sering Tersinggung. Dampak lain dari kejenuhan bekerja adalah menjadi lebih mudah tersinggung. Anda yang biasanya lebih santai menghadapi hidup, tiba-tiba menjadi sangat sensitif dan menjadi defensif.
d. Pesimis. Pada tingkat ini, kejenuhan yang dialami sudah termasuk sangat mengganggu. Anda yang sebelumnya selalu berpikir positif kini menjadi sering mengeluh.
e. Pemicu dan dampak kejenuhan dalam bekerja yang harus diwaspadai yang terakhir adalah gangguan Berpikir. Anda menjadi sulit fokus ketika sedang bekerja, mudah lupa dan sulit mendapatkan ide-ide.

Leave a Reply