Pentingnya Ilmu Agama Bagi Muslimah

Muslimah harus cerdas, ya cerdas.
Cerdas dalam hal apapun itu, tidak kecuail dalam ilmu agama, ini penting karena muslimah adalah wanita yang nantinya memiliki peran penting dan banyak dikehidupan. Peran mulismah yaitu sebagai wanita mandiri, sebagai istri, dan sebagai ibu.

Ilmu agama sangat penting karena untuk beribadah kepada Allah harus ada ilmunya. Contoh untuk menjalankan ibadah solat kita perlu tahu rukun-rukun solat itu apa saja, syarat sah sholat apa saja, untuk berzakat dan puasa, semua harus ada ilmu dan aturannya, yang nantinya supaya menjadi amal sholih yang benar dan bernilai pahala disisi Allah. Seseorang akan memahami ibadah yang diperintahkannya hanya lewat ilmu. Dan lewat ilmu juga akan tumbuh keikhlasan dalam menjalankan ibadah tersebut.

Ilmu agama tidak serta merta hanya bicara soal agama dan kehidupan akhirat. Tapi juga dalam ilmu agama mengatur segala aspek kehidupan, yang kesemuanya telah dibungkus dalam wadah yang syar’i yang berlandaskan pada Al qur’an dan hadist.

Bukan hanya penting tapi juga sudah kewajiban seorang muslim baik laki-laki maupun perempuan itu harus menuntut ilmu agama.

Seperti dalam sebuah hadist
“Mencari ilmu itu adalah kewajiban bagi setiap muslim” (HR. Ibnu Abdi dan Baihaqi)

Sekarang apa pentingnya ilmu bagi muslimah :

  1. Perannya sebagai wanita mandiri agama mengajarkan muslimah agar bisa menjaga kesucian diri, menjaga pergaulan islami, dan mempersiapkan bekal untuk kehidupannya nanti menuju pernikahan yang merupakan bagian dari ibadah sunnah yang dianjurkan, dan sebagai penyempurna separuh agama.
  2. Perannya sebagai seorang istri agama mengajarkan wanita untuk meraih syurga lewat ketaannya kepada suami.
  3. Dan sebagai seorang ibu, muslimah diajarkan untuk bisa mencetak generasi-generasi hebat yang memiliki kecintaan pada Rabbnya, yang bisa bermanfaat untuk agamanya.

Sungguh indah perkara seorang muslimah, jika semua dilakukan berdasarkan ilmu yang benar. Semoga kita senantiasa diberi kemudahan dalam menuntut ilmu. Aamiin.

Baca juga:
Tips Memilih Calon Suami yang Baik dalam Islam
Menjadi Istri Shalihah untuk Suami

Leave a Reply