Perbedaan Antara Jilbab, Khimar, dan Hijab

Apa sih perbedaan antara Jilbab, Khimar dan Hijab?
Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya muslim. Karena itu banyak kita jumpai para wanitanya berpakaian muslimah dan semakin hari semakin bertambah jumlah wanita yang menggunakan pakaian muslimah ini. Entah karena ikut-ikutan trend fashion, atau memang benar-benar murni menjalankan perintah Allah dalam menutup aurat.  Karena memang perintah menutup Aurat sama halnya dengan perintah sholat yaitu wajib.

Hijapedia It's Your Community (144)

Kebanyakan dari mereka yang berpakaian muslimah itu menyebut kain yang menutupi kepala adalah sebagai jilbab, lalu apakah benar namanya memang jilbab dalam syariat islam. Dalam islam kita kenal ada istilah jilbab, khimar, dan hijab.  Jadi mari kita bahas arti dari istilah fashion ini yang benar-benar sesuai syariah islam.

Jilbab seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak yang beranggapan jilbab itu adalah penutup kepala atau sering juga disebut kerudung. Tapi sebenarnya jilbab adalah kain mengulur yang menutupi seluruh tubuh dari atas hingga mata kaki syaratnya tidak ketat artinya tidak membentuk lekukan tubuh, dan tidak pula berbayang atau transparan yang kebanyakan orang menyebutnya dengan gamis atau jubah. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Ahzab 59:
“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan istri-istri  orang mu’min: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”.Yang demikian itu supaya mereka  lebih mudah untuk dikenal,karena  itu mereka tidak diganggu.Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang”.

So.. sekarang jelaskan, kalau jilbab itu bukan kerudung atau penutup kepala. Lalu apa nama sebenarnya penutup kepala dalam islam?

Selanjutnya penutup kepala dalam islam itu sendiri disebut Khimar. Sesuai dengan surat An Nur ayat 31: “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.  Dan hendaklah mereka menutupkan khimar (kain kerudung) ke dadanya…” Khimar adalah penutup aurat bagian atas hingga menutup dada. tentu syaratnya tidak tipis dan tak berbayang.

Yang terakhir adalah hijab. Banyak orang mengartikan hijab sama dengan jilbab atau kerudung/khimar padahal sebenarnya hijab secara bahasa berarti penghalang. Dan hijab syar’i yang sesuai dengan Al Qur’an bagi wanita adalah gabungan antara jilbab dan khimar yang telah dijelaskan sebelumnya.

Semoga dengan adanya tulisan ini membuka wawasan kita tentang fashion yang sesuai syariat islam beserta istilah-istilah yang ada dengan arti yang sebenarnya dalam Al qur’an. Itulah sekilas tentang perbedaan Jilbab, Khimar dan Hijab.

One Comment

Leave a Reply