Perempuan Harus Merawat Rambut tetapi Tidak Berlebihan

Rambut disebut sebagai mahkota perempuan. Rambut merupakan salah satu ciri pembeda laki-laki dan perempuan. Rambut yang terurai indah dan panjang adalah ciri dari rambut perempuan.Sebagai perempuan muslim, sudah seharusnya kita mengenakan hijab hingga rambut kita tidak terlihat oleh mereka yang bukan mahrom. Namun bukan karena rambut kita tidak terlihat, maka kita tidak merawatnya lho Sisters! Justru Islam menganjurkan untuk memberi perhatian khusus kepada rambut, apalagi bagi perempuan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahuanh’ : “Barangsiapa yang memiliki rambut, hendaklah ia memuliakannya” (Hadits hasan, diriwayatkan oleh Abu Dawud (4163) dan Al-Baihaqi, dikutip dari Amru Abdul Mun’im Salim, Kupas Tuntas Etika Berhias Wanita Muslimah, Januari 2014, hlm. 92-93).

Hijapedia It's Your Community (93)

Memuliakannya berarti membersihkannya, mencucinya, menyisirnya, merawatnya, dan merapikannya agar tampak indak dipandang mata dan menyenangkan hati.Terlebih bagi kaum perempuan, mereka harus mengurus rambut mereka secara baik, meskipun sehari-hari mereka mengenakan hijab. Rambut merupakan mahkota dan perhiasan bagi perempuan, yang apabila terlihat indah maka suami akan menyukainya.

“Sebaik-baiknya perempuan adalah perempuan yang taat bila disuruh, menyenangkan apabila dipandang, menjaga dirinya dan harta suaminya” (Hadits sahih diriwayatkan oleh an-Nasaa’i)

Begitulah sebaik-baiknya tujuan untuk merapihkan dan merawat mahkota kita, Sisters! Bukan untuk ditunjukan pada mereka yang bukan mahrom seperti lawan jenis, tetapi untuk menjaga amanah Allah dan juga untuk menyenangkan hati suami. Namun ternyata ada anjuran lain agar merawat rambut pun tidak boleh berlebihan Sisters.

Hadits Abdullah bin Mughaffal radhiallahuanh’, ia berkata : “Rasulullah saw melarang kami bersisir setiap hari”. Diriwayatkan dari Abdullah bin Buraidah radhiallahuanh’ bahwa seorang lelaki dari kalangan sahabat nabi yang bernama Ubeid, ia berkata : “Sesungguhnya Rasulullah saw melarang terlalu sering bersolek”. Buraidah ditanya tentang makna bersolek, ia berkata : “Diantaranya adalah menyisir rambut”.

Maka meskipun kita dianjurkan untuk merawat rambut, tetapi kita juga dilarang untuk merawatnya secara berlebihan hingga kita buang-buang waktu terlalu lama dan melalaikan pekerjaan lain yang lebih bermanfaat. Nah, berarti kita tidak boleh terlalu terbuai dengan perawatan salon yang terlalu berlebihan nih, Sisters! Cukup merawat rambutmu dengan sederhana tapi tetap maksimal. Sebagai perempuan sudah seharusnya kita menjaga salah satu amanah yang diberikan Allah swt.

Leave a Reply