Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja Supaya Tidak Gagal

Tahapan wawancara merupakan bagian penting dalam sesi lamaran kerja, karenanya ini harus dipersiapkan secara matang. Bagi Anda yang akan menghadiri wawancara kerja, berikut ini adalah beberapa persiapan menghadapi wawancara kerja supaya tidak gagal:

hijapedia menyiasati agar interview tidak gagal

1. Persiapan Mental
Ini merupakan bagian terpenting yang harus Anda persiapkan sebelum menghadiri wawancara kerja. Pastikan Anda benar-benar siap sehingga tidak akan gugup saat wawancara berlangsung.

2. Persiapan Diri
Persiapan diri ini meliputi banyak hal diantaranya adalah:

  • Penampilan
    Pastikan Anda berpenampilan rapi dan menarik. Pemilihan baju, sepatu, tas dan aksesoris yang akan dikenakan harus diperhatikan betul, karena kesan pertama akan diambil dari bagaimana cara Anda berpenampilan. Hindari tampil terlalu casual atau menor karena ini justru akan membuat penilaian terhadap Anda menurun.
  • Bangun lebih pagi dan datang lebih awal, karena keterlambatan Anda juga akan menjadi bahan pertimbangan pewawancara yang menilai Anda sebagai pribadi yang tidak disiplin.
  • Survey lokasi
    Jika kantor atau perusahaan tempat Anda wawancara berada di tempat yang asing atau Anda tidak menguasai area, maka akan lebih baik jika Anda melakukan survey lokasi terlebih dahulu.

3. Persiapan Dokumen
Dokumen yang harus disiapkan diantaranya adalah:
• Surat Lamaran Kerja
• CV atau Daftar Riwayat Hidup
• fotokopi KTP
• fotocopy ijazah
• Foto diri
• Dokumen terkait lainnya yang sesuai dengan persyaratan yang diminta

4. Persiapan Perusahaan
Lakukan riset dan pelajari tentang perusahaan yang dituju, baik melalui internet atau tanya kenalan yang bekerja disitu. Pelajari bagaimana company profile, dimana kantornya dan bagaimana budaya yang ada di perusahaan tersebut.

5. Persiapan Wawancara
Jangan lupa untuk membawa buku notes, bolpen, paper clip, alat make-up, airminum. Ingat untuk selalu ramah dan tebar senyum tulus. Jangan lupa juga untuk mematikan ponsel saat wawancara. Anda juga harus mempelajari betul bagaimana CV yang ditulis sebagai antisipasi terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Jangan sampai Anda memberikan informasi yang berbeda saat wawancara dengan yang ada di CV.

Leave a Reply