Persiapan Menjadi Ayah dan Ibu Baru

Persiapan Menjadi Ayah dan Ibu Baru. Dear Lovely Sisters yang selalu dimuliakan Allah swt. Memasuki sebuah fase kehidupan baru tentunya menjadi sangat menyenangkan dan menarik. Di dalam hidup, pasti kita memasuki fase baru kehidupan baru, entah memasuki kehidupan sekolah yang baru, memasuki lingkungan pekerjaan yang baru, menikah, mengandung, atau bahkan melahirkan seorang buah hati. Nah, artikel kali ini kita akan mengulas sedikit mengenai persiapan untuk menjadi seorang ayah dan ibu baru. Sebuah fase yang Insya Allah akan Sisters lewati.

Bagi kita yang sedang dalam tahapan menanti kelahiran buah hati, ataupun yang mendambakan sang buah hati hadir di tengah keluarga, sudah seharusnya melakukan persiapan-persiapan untuk menyambut datangnya hari tersebut. Karena untuk menjadi seorang ayah ataupun ibu baru, pasti banyak hal baru pula yang akan kita hadapi. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang bisa Sisters lakukan untuk mempersiapkannya.

1. Parenting Class

Saat ini banyak event organizer maupun beberapa lembaga yang peduli terhadap perkembangan anak menyelenggarakan parenting class. Kelas ini ditujukan untuk calon ayah dan ibu baru yang ingin menambah pengetahuan. Isinya akan berkisar pada pendidikan anak, keuangan, sampai asupan gizi baik untuk anak. Kelas ini bisa menjadi pilihan Sisters sebagai tahapan awal.

2. Membaca dan Berdiskusi

Membaca referensi maupun berdiskusi dengan orang yang telah terlebih dahulu memiliki pengalaman mendidik anak menjadi metode yang tidak pernah lekang waktu. Pilihlah bacaan dan rekan berdiskusi yang tepat. Lihat latar belakangnya serta cermat menelisik nilai pendidikannya. Ini akan menjadi bekal berguna untuk Sisters.

3. Menyusun Rencana Berdua

Membahas visi dan misi ke depan bersama suami akan harapan bentukan anak seperti apa yang didambakan merupakan tahapan wajib dilakukan selanjutnya. Menyepakati hal-hal penting dalam kesepakatan mendidik anak, seperti do and don’t dikemudian hari. Pegang kuatlah visi dan misi ini Sisters! Sebagai tim yang kompak, anda dan suami harus kembali ke rumusan awal ini jika suatu saat menghadapi situasi-situasi sulit.

4. Ibu, mulai susun keuangan

Sisters sudah harus mulai mengatur keuangan dengan pos-pos baru. Mulailah persiapan untuk rencana tabungan pendidikan dan kesehatan untuk anak. Hal ini jika dimulai sejak dini akan membuat persiapan semakin matang.

5. Ayah punya tugas. Ibu punya tugas.

Selalu ingatlah Sisters bahwa membesarkan anak menuntut kekompakan dari calon Ayah dan Ibu baru. Sepakati bersama, mana yang menjadi tugas ayah dan tugas ibu. Pembagian tugas ini akan menjadi hal yang saling mendukung sehingga sinergi menjadi kekuatan utama.

Selamat menjalani hari-hari baru Sisters! Being a new mom is humanizing and challenging! Semoga bacaan “Persiapan Menjadi Ayah dan Ibu Baru” dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Sisters yang sedang mempersiapkan kehidupan barunya.

Leave a Reply