Pilihan Makanan untuk Mencegah Cepat Lapar

Pilihan Makanan untuk Mencegah Cepat Lapar. Saat makan, kita sering tidak memerhatikan jenis makanan yang masuk ke perut; asal kenyang, biasanya sudah cukup. Padahal, asal makan bukan hanya akan membuat kita menumpuk kalori berlebih dan kekurangan zat gizi penting, tetapi juga justru akan membuat kita cepat lapar lagi. Akibatnya, kita jadi makan lebih banyak daripada porsi yang sewajarnya, dan berat badan pun langsung naik dengan cepat.

Salah satu penyebab rasa lapar yang cepat sekali datang padahal baru makan adalah banyaknya konsumsi sumber karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini banyak terdapat pada hasil olahan tepung yang digiling sampai halus seperti mi instan, nasi putih, kue-kue manis dan sebagainya. Karbohidrat ini cepat diolah menjadi gula sehingga kadar gula darah naik dan perut kita cepat kosong.

Tips Mencegah Cepat Lapar

Terlalu banyak makan sumber karbohidrat sederhana tidak baik untuk kesehatan, dan cepat lapar akan membuat kita makan lebih banyak. Berikut beberapa tips terkait pilihan makanan agar kita tidak cepat lapar:

  • Gantilah sumber karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum utuh dan pasta gandum utuh. Makanan-makanan ini lambat dicerna hingga Anda tak cepat lapar.
  • Imbangi konsumsi karbohidrat dengan protein dan sayuran serta buah yang banyak. Protein juga tidak cepat dicerna, sementara sayuran dan buah yang banyak adalah pengganjal perut yang tidak akan menggemukkan.
  • Minumlah air putih segelas penuh 30 menit sebelum makan. Hal ini akan mencegah kita mengambil porsi makan yang berlebihan ke dalam piring.
  • Untuk ngemil di antara waktu makan, cobalah konsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah rebus, kedelai rebus, kacang panggang tanpa bumbu, atau kraker tawar dengan selai kacang. Kacang-kacangan merupakan sumber makanan kaya protein dan lemak sehat yang akan mencegah rasa lapar di antara waktu makan dengan efektif sekaligus membuat kenyang lebih lama.

Dengan memilih makanan yang tepat, Anda tidak akan mudah merasa lapar dan kebutuhan gizi juga terpenuhi. Kesehatan pun bisa lebih terjaga dan berat badan tidak melonjak dengan cepat. Semoga bacaan mengenai Pilihan Makanan untuk Mencegah Cepat Lapar dapat bermanfaat untuk Sisters semua ya.

Leave a Reply