Pilihan Olahraga saat Sedang Berpuasa

Pilihan Olahraga Saat Sedang Berpuasa. Jika Anda sedang berpuasa, hal itu kerap dijadikan alasan untuk menjadi kurang aktif. Banyak dari Anda yang mungkin mengurangi jatah waktu olahraga dan lebih banyak duduk-duduk atau tidur. Padahal, bulan puasa sebenarnya tidak perlu menjadi alasan untuk tidak meneruskan rutinitas olahraga Anda, karena baik bagi kesehatan. Memang saat puasa kita sebaiknya mengurangi kegiatan olahraga yang terlalu drastis di pagi hari, namun bukan berarti Anda tidak perlu berolahraga sama sekali.
Yang perlu Anda lakukan agar tetap bugar di bulan puasa adalah dengan sedikit mengurangi intensitasnya. Bukankah banyak jenis olahraga yang intensitasnya cukup lambat namun dapat sangat melatih tubuh? Kalaupun Anda mau tetap melakukan olahraga favorit, kurangilah intensitasnya terutama jika Anda melakukannya di pagi hari.
Berikut adalah beberapa ide olahraga yang bisa Anda lakukan selama bulan puasa:

Yoga dan pilates.
Kedua olahraga ini memiliki banyak variasi gerakan yang walaupun intensitasnya tidak tinggi, namun benar-benar bisa melatih berbagai otot tubuh. Banyak gerakan dasar yoga yang mudah diikuti pemula, dimana Anda bisa menemukannya lewat internet. Misalnya, ada posisi plank yang seperti puncak push up dimana Anda hanya menahan tubuh dengan kedua lengan, ujung kaki dan perut yang ditahan. Jika dilakukan dengan teratur, otot Anda akan kencang dan postur jadi bagus.

Bersepeda
Ini adalah olahraga kardio yang intensitasnya tidak seberat lari karena Anda naik di atas sepeda, namun tangan dan kaki Anda masih aktif bergerak. Koordinasi mata dan otot pun terlatih dengan baik. Anda bisa bersepeda di sore hari sembari mengisi waktu berbuka, dengan melalui rute yang berlainan agar tidak bosan.

Angkat beban
Angkat beban bukan hanya melatih kekuatan, namun juga bisa membantu membakar kalori dengan lebih cepat dan mengurangi resiko osteoporosis. Cukup gunakan sepasang beban ringan seberat antara 1,5 hingga 2 kilogram di rumah. Lakukan dengan pelan tanpa terburu-buru dan pastikan sambil mengatur napas.

Jadi Pilihan Olahraga Saat Sedang Berpuasa beragam bukan Sist’? Saat puasa baik itu puasa senin-kamis maupun puasa Daud bukan alasan untuk bermalas-malasan! Tetaplah berolahraga agar fit, namun kurangi saja intensitasnya.

Leave a Reply