Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini

Pertumbuhan fisik dan motorik anak sangat berhubungan dengan psikis anak, karena psikologi perkembangan anak usia dini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak secara menyeluruh. Dalam proses tumbuh kembangnya, anak akan mengalami periode emas yakni berkisar pada usia 0-8 tahun, pada masa ini anak akan mengalami perkembangan yang sangat drastis dimulai dari perkembangan sosial, fisik, psikis, motorik, emosi dan berpikir. Sebagai orang tua, tugas Anda adala mengoptimalkan periode ini untuk memberikan perhatian penuh karena ini akan berpengaruh dengan kehidupannya di masa mendatang kelak. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan oleh orag tua dalam mengenali pertumbuhan dan perkembangan anak:

Hijapedia

Perkembangan kognitif
Dibagi dalam beberapa tahap yakni:

1. Tahap Sensorimotor
Tahap sensorimotor terjadi saat usia 0-2 tahun. Pada tahap ini kemampuan anak hanya pada gerakan refleks, mengembangkan kebiasaan-kebiasaan awal, mereproduksi berbagai kejadian yang menurutnya menarik dan melakukan berbagai eksperimen dan anak sudah mulai menemukan berbagai hal baru.

2. Tahapan Pra-operasional
Tahap pra-operasional berkembang saat usia anak 2-7 tahun. Pada tahap ini anak mulai menerima berbagai rangsangan yang masih terbatas, Kemampuan bahasa anak mulai berkembang.

3. Tahap konkret operasional
Tahap konkret operasional berlangsung pada usia 7-11 tahun. Pada tahap ini anak sudah bisa menjalankan operasional dan berpikirnya mulai berpikir secara rasional.

4. Tahap Formal Operasional
Dalam tahap ini anak sudah mulai beranjak sebagai seorang remaja. Dalam tahap ini, anak sudah mulai berpikir secara hipotetik, yaitu penggunaan hipotesis yang relevan sudah dilakukan anak guna memecahkan berbagai masalah.

Perkembanga fisik anak
Perkembagan fisik dapat Anda lihat dari perkembangan motorik yang terbagi dalam perkembangan motorik halus dan perkembangan motoik kasar.

Perkembangan bahasa
Terbagi dalam beberapa tahap, yakni:

1. Periode prelingual
Usia anak 0-1 thn. Anak mulai mengoceh untuk dapat berkomunikasi dengan orang tua dan orang-orang yang dikenalnya, anak masih bersifat pasif saat menerima stimulus dari luar tapi anak akan menerima respon yang berbeda.

2. Periode Lingual
Usia antara 1-2,5 tahun. Dalam tahap ini anak sudah mampu membuat sebuah kalimat.

3. Periode Diferensiasi
Usia anak 2,5 – 5 thn. Anak sudah memiliki kemampuan bahasa sesuai dengan peraturan tata bahasa yang baik dan benar.

Leave a Reply