Rambut Sehat Terawat Meski Tertutup Jilbab

Menggunakan jilbab membuat rambut tertutup dan kerap menimbulkan bau yang tidak sedap karena lembab. Kurangnya perhatian atau salah melakukan perawatan merupakan penyebab yang sering terjadi. Untuk menjaga kesehatan rambut, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin. Simak beberapa tips berikut ini yuk!

  1. Cuci rambut secara teratur 2 hari sekali. Gunakan shampo sesuai dengan jenis rambut. Pastikan rambut sudah kering sebelum menggunakan kerudung. Hindari penggunaan kerudung saat rambut basah karena bisa membuat kepala menjadi pusing.
  2. Untuk menjaga kesehatan rambut, pilih kerudung berbahan katun atau kaus yang memiliki pori-pori baik sebagai sirkulasi udara bagi rambut. Gantilah kerudung setiap hari. Demikian pula dengan pelapis bagian dalam kerudung. Hindari warna gelap seperti hitam karena menyerap panas sehingga membuat wilayah kepala dan rambut menjadi lebih panas. Pilihlah warna terang atau putih. Hindari berkreasi dengan kerudung yang berlapis-lapis. Kerudung sebaiknya tidak lebih dari 4 lapis. Semakin tebal kerudung membuat rambut semakin sulit “bernapas”.
  3. Lakukan creambath seminggu sekali demi memberikan nutrisi pada rambut dan menjaga kulit kepala agar tetap sehat.
  4. Untuk memudahkan penataan rambut berkerudung, pilih potongan rambut praktis. Hindari rambut terlalu panjang atau potongan berponi. Poni hanya akan membuat repot yang bersangkutan karena harus terus membereskan rambut-rambut poni yang keluar dari kerudung. Sementara rambut yang terlalu panjang akan membuat kepala menjadi terasa lebih panas akibat kurangnya sirkulasi.
  5. Jika tidak sedang mengenakan jilbab, sebaiknya istirahatkan rambut dengan membiarkan tanpa ikatan. Beri kesempatan rambut untuk bernapas, selain lebih segar, mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembapan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan  dan munculnya ketombe.
  6. Setelah melakukan perawatan dari luar, sebaiknya juga melakukan perawatan dari dalam. Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.

Leave a Reply