Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit ringan yang banyak terjadi terhadap setiap orang dan banyak juga orang yang meremehkannya, lalu hal apakah yang menyebabkan kita bisa terserang yang namanya sakit kepala?

Ada dua (2) penyebab utama sakit kepala yaitu sakit kepala ringan atau mirgain  dan sakit kepala karena tegang.Namun dalam tingkat yang lebih lanjut faktor penyebab sakit kepala bisa disebabkan oleh infeksi, pendarahan dalam, bahkan tumor.

Jika sakit kepala yang anda derita tidak kunjung sembuh maka ada baiknya anda segera memeriksakannya ke dokter atau cek up di klinik terdekat.

penyebab sakit kepala

1. Terlalu Lama Menonton TV

2. Cuaca Panas

3. Stres Karena Pekerjaan

4. Alergi

5. Kurang Makan ( terlalu banyak memakan makanan yang mengandung MSG/micin)

6. Kurang Tidur

7. Kecapekan (aktivitas berlebihan)

8. Aroma Menyengat (parfum, belerang)

9. Asap Rokok dan kafein

10.Pengaruh obat-obatan

Meskipun sakit kepala termasuk penyakit yang dianggap oleh sebagian orang sebagai penyakit ringan, sakit kepala yang menetap, berkepanjangan dan menahun bisa saja menjadi gejala awal dari kanker otak.

 

Kanker otak memang tak ‘sebeken’ penyakit kanker lain, seperti kanker serviks atau kanker payudara. Namun, seperti kebanyakan penyakit kanker pada umumnya, kanker otak merupakan penyakit bersifat diam (silent killer) yang berbahaya lho sisters.

Karena sifatnya itu, seringkali penyakit kanker otak baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut. Jika rasa sakit di bagian kepala telah memuncak, ada kemungkinan, kanker itu telah menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis). Kalau sudah begitu, penanganan kanker menjadi lebih rumit dan berisiko.

 

Apabila sakit kepala sedang datang menyerang, tips berikut akan membantu sisters untuk mengobati rasa sakit kepala. Yaitu:

  1. Migrain adalah rasa nyeri di kepala yang biasanya hanya dirasakan pada satu sisi saja misalnya sisi kanan atau kiri. Durasi dari migrain bisa bervariasi ada yang cuma satu dua jam bahkan sampai ada yang berhari-hari. Cara mengobatinya adalah dengan cara menengakan pikiran dan dibantu dengan obat yang bisa anda peroleh di warung atau apotik terdekat.
  2. Sakit kepala tegang. Hal ini terjadi biasanya dimana saat anda dalam posisi yang tertekan atau stres karena masalah pekerjaan atau yang lain. Cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan melupakan sementara masalah yang sedang anda rasakan dan sedikit berjalan-jalan menikmati pemandangan hijau agar syaraf di sekitar kepala kembali rileks.
  3. Apabila hal ini sudah sering di lakukan, waspadai gejala tersebut dan segera periksa ke dokter ahlinya ya sisters J

Leave a Reply