Shalat pun Bisa Jadi Sarana Meditasi

Shalat pun Bisa Jadi Sarana Meditasi. Gaya hidup modern dan tuntutan hidup yang serba cepat membuat banyak orang merasa stress. Tingkat stress yang makin tinggi pun membuat praktik meditasi, yoga, terapi holistik dan sebagainya menjadi sangat laris. Sebagai muslimah ternyata kita pun memiliki cara menghilangkan stress ala kelas meditasi, yaitu shalat secara teratur. Jangan salah, ternyata dalam prinsip-prinsip shalat pun terdapat unsur yang memiliki manfaat medidatif sama seperti yang diajarkan para pelatih meditasi di kelas.

Tentu saja, khasiat ini hanya bisa didapatkan jika Anda shalat dengan khusyuk dan tenang, bukannya cepat-cepat dan tak sabaran dengan alasan terburu-buru. Dengan shalat secara teratur yang dilakukan dengan benar, efeknya sangat baik untuk mental Anda.

Prinsip Meditasi, Relaksasi dan Shalat

Meditasi dan relaksasi sangat penting dalam menjaga kesehatan baik fisik maupun mental, dan unsur-unsur relaksasi serta meditasi ada di dalam salat yang benar. Berikut beberapa contoh ilustrasinya:

Praktek meditasi dan relaksasi sering mengacu pada pengaturan pernapasan serta melambatkan denyut jantung yang tadinya berpacu terlalu keras. Caranya yaitu dengan berkonsentrasi pada satu titik lalu mengatur pernapasan dan bahkan mengulang-ulang kata tertentu yang sifatnya hipnotis. Shalat yang khusyuk mengharuskan kita melakukan tiap gerakan dengan pelan, memusatkan diri pada Allah SWT. Hal ini juga sama-sama memberi efek relaksasi.

Praktek meditasi mengharuskan pikiran untuk fokus; kalaupun pikiran sempat ‘melayang’ kemana-mana, pelaku meditasi harus kembali memusatkan pikirannya untuk mencapai tahap ketenangan. Shalat yang khusyuk mengharuskan kita untuk konsentrasi dalam setiap bacaan yang kita ucapkan untuk memuji Yang Maha Kuasa dan pikiran pun harus dijaga agar tak melayang-layang.

Shalat yang diawali dengan wudhu bisa membantu menyejukkan pikiran dan ‘memelankan’ ritme kerja otak serta jantung yang tadinya mungkin sempat tertekan, misalnya dalam keadaan stress ketika mengerjakan setumpuk tugas atau berkas. Shalat 5 kali sehari berarti memberi kita kesempatan untuk rehat sebanyak 5 kali (belum ditambah shalat sunnah).

Shalat pun bisa jadi sarana meditasi dengan cara shalat yang khusyuk. Shalat yang khusyuk dianjurkan dalam ajaran agama selain itu juga shalat khusyuk juga membawa manfaat kesehatan bagi mental dan fisik serta mengurangi stress.

Leave a Reply