Siti Khadijah

Jika ada pertanyaan mengenai siapa tokoh perempuan dalam sejarah Islam? Pasti nama ini selalu terlintas dalam benak kita, Siti Khadijah. Siti Khadijah termasuk golongan assabiqunal awwalun, yaitu orang-orang yang pertama masuk Islam. Dia adalah isteri dari Rasulullah.

 

Siti Khadijah adalah anak dari Khuwailid bin Asad dan Fatimah binti Za’idah. Khadijah adalah anak dari pembesar kota Mekah, ia seorang wanita yang kaya dan terkenal. Pertemuannya dengan Rasulullah terjadi saat Nabi bekerja padanya. Rasulullah bekerja menjual barang dagangannya ke negeri Syam. Karena kecakapan dan kemuliaan sikap Rasulullah, Khadijah jatuh hati padanya. Khadijah lah yang pertama menyatakan niat untuk menjadi isteri dari Rasulullah. Khadijah memilih untuk menjemput jodohnya. Mereka pun menikah.

 

Khadijah adalah wanita penting dalam hidup Rasulullah. Saat Nabi pergi ke Gua Hira, Khadijah selalu menyiapkan perbekalan untuk Beliau. Begitu pun saat Nabi masih cemas dan gelisah saat turunnya wahyu pertama di Gua Hira, Khadijah lah yang menenangkan Nabi dan mempercayainya dengan menjadi wanita pertama yang mengakui kenabiannya dan memeluk Islam.

 

Khadijah adalah sosok wanita yang setia kepada suaminya. Khadijah senantiasa menjadi tempat sandaran dan curahan hati Nabi saat Rasulullah mengalami kesulitan dalam berdakwah. Khadijah selalu menguatkan Nabi dengan memberikan cintanya yang tulus kepada beliau. Tak pernah sekali pun Khadijah meragukan dan meninggalkan suaminya bahkan di masa-masa sulit seperti itu.

 

Khadijah pun selalu taat dan menghormati Nabi. Padahal usia Rasulullah lebih muda darinya dan ia lebih kaya daripada Beliau. Namun tak sedikit pun ia bersikap arogan kepada Rasulullah. Khadijah percaya akan kemulian akhlak Suaminya.

 

Salah satu hadits Bukhari Muslim berbunyi :

“Wanita terbaik dari golongan itu adalah Maryam binti Imran dan wanita terbaik dari golongan ini adalah Khadijah binti Khuwailid.”

 

Semoga apa yang dicontohkan oleh Siti Khadijah dapat menjadi pelajaran dan panutan bagi kita semua. Dan semoga rahmat Allah selalu menyertai kita semua.

 

Penulis :[email protected]

Editor : @saiiandria

Leave a Reply