Suami Pulang Larut Malam? Ini Kata Islam!

Sudah selayaknya suami sebagai imam dan kepala keluarga bekerja keras demi mencukupi kebutuhan hidup. Hal ini seringkali membuat para suami harus melakukan upaya ekstra, bahkan hingga lembur malam. Perjalanan dinas yang memakan waktu cukup lama seperti ke luar kota atau ke luar negeri juga pada akhirnya tak terhindarkan. Terkadang sebagai istri, kita berharap suami bisa pulang lebih cepat, baik hanya sekedar untuk ngobrol santai atau main bersama anak. Namun tuntutan kebutuhan yang besar membuat kondisi ini semakin sering terjadi khususnya pada masyarakat urban perkotaan.

Kondisi ini menjadi serba salah, di satu sisi kita sebagai istri harus mendukung suami jika sedang giat bekerja, di sisi lain kita juga membutuhkan sosoknya untuk ada di rumah lebih lama. Lalu sebenarnya adakah Islam mengatur hal ini?

Rasulullah saw bersabda “Apabila salah seorang diantara kalian lama dalam bepergian, maka janganlah ia mendatangi keluarga pada waktu malam” (HR. Bukhari dan Muslim). Riwayat lain mengatakan “Apabila salah seorang diantara kalian akan berada di luar rumah dalam waktu yang lama, janganlah ia mendatangi istrinya pada waktu malam” (HR. Muttafaq’alaih)

Hadits tersebut menggambarkan anjuran Rasul agar para suami menghindari pulang ke rumah di waktu malam hari. Maksudnya adalah agar menghindari suami pulang ke rumah istri dalam keadaan istri yang lelah, sehingga jika ia meminta istri menunaikan kewajibannya, ia sudah merasa lelah dan enggan.

Jika memang kondisi ini tidak dapat dihindarkan, maka dianjurkan bagi para suami untuk memberi kabar terlebih dahulu kepada keluarga dan istri di rumah bahwa ia akan pulang larut, sehingga mereka tidak perlu menanti. Terlebih lagi, dianjurkan untuk memberi kabar kepada istri beberapa saat sebelum sang suami pulang, agar istri dapat mempersiapkan diri seperti berdandan, memakai wewangian, menidurkan anak-anak, sehingga saat suami pulang akan didapati ketenangan di rumah.

Subhanallah, lagi-lagi Islam mengatur hal yang sangat privat di dalam rumah tangga. Bahkan persoalan di era modern  yang kerap kali hadir di dalam rumah tangga telah memiliki aturan nya. Alangkah indah jika suami istri dapat saling menghargai. Suami memahami bahwa di rumah ada keluarga dan istri yang menanti penuh cinta dan istri pun mengerti bahwa suami harus bekerja ekstra sehingga mungkin lelah selalu hinggap di hari-harinya.

Leave a Reply