Sudahkah Anda Mengenal agama Islam Dengan Baik?

Banyak orang yang mengaku beragama Islam, namun tidak semua dari mereka mengenal agama Islam dengan baik. Apabila mereka ditanya apa itu Islam, mereka hanya dapat menjawab Islam adalah sebuah agama tanpa bisa menjelaskan lebih dalam seperti apakah agama Islam itu. Karena ketidaktahuan inilah yang kemudian membuat banyak orang beragama Islam yang terus melakukan penyelewengan-penyelewengan aqidah, bahkan yang wajib sekalipun seperti mendirikan shalat, puasa romadhon dan mengeluarkan zakat.

Islam adalah agama yang sangat indah, Islam menjadi agama terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW untuk menyempurnakan ajaran yang dibawa oleh para Nabi AS pendahulunya. Islam juga merupakan pedoman hidup umatnya, ini dibuktikan dengan sempurnanya aturan-aturan yang diajarkan oleh agama Islam, seperti misalnya dalam hal berbusana, bersosial, beribadah kepada Allah SWT dan masih banyak lagi. Dari bangun tidur hingga kembai tidur, sedetail-detailnya telah tercantum dalam Al Quran sebagai kitap petunjuk seorah muslim. Seorang yang beragama Islam bukan hanya beriman namun juga bertaqwa kepada Allah SWT dengan menjalankan seluruh perintah serta menjauhi larangannya.

Apabila seorang muslim baik laki-laki maupun wanita telah mengenal agama Islam dengan baik serta bertaqwa kepada Allah SWT, tentulah ia akan jauh dari perbuatan-perbuatan yang merugi dan sia-sia, hidupnya akan dipenuhi dengan cahaya keimanan, penuh dengan kasih sayang, welas asih dan ketenangan. Untuk menjadi seorang muslim atau muslimah yang bertaqwa, kita dapat memulainya dari hal-hal yang wajib atau fardhu ‘ain terlebih dahulu, perintah untuk mendirikan shalat, menjalankan puasa ramadhan, membayar zakat fitrah dan zakat harta. Dengan landasan rukun iman dan rukun Islam, manusia diarahkan untuk membangun hubungan sosial yang baik dengan sesama dengan tidak menyakiti perasaan orang lain baik dengan perkataan maupun perbuatan dan bagi muslimah wajib baginya untuk senantiasa menutup auratnya dengan mengenakan busana muslim yang syar’i, terutama mereka yang telah memasuki akil baligh atau dewasa.

Ada banyak cara untuk lebih mengenal Islam, salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai pengajian, ceramah agama, berkumpul dengan orang-orang sholeh, pengkajian makna makna yang ada dalam ayat-ayat Al-quran. Indonesia adalah negara dengan pemeluk Islam terbesar, dengan kondisi politik yang masih bersahabat. Tidak ada alasan untuk tidak lebih mengenal Islam sebagai pedoman hidup.

Baca juga:
Wanita Karir Dalam Pandangan Islam
Poligami Dalam Pandangan Islam
Tips Memilih Calon Suami yang Baik dalam Islam

Leave a Reply