Agar Label “Pengangguran” Tidak Melekat di Kamu

Rasa bimbang dan resah pasti menyelimuti saat kamu sudah diwisuda dan belum menemukan pekerjaan yang tepat. Meninggalkan label mahasiswa sangat sulit jika yang ada di hadapan hanya baru ada label “pengangguran”. Pengangguran berarti jobless, tidak punya pekerjaan yang menghasilkan uang. Setidaknya begitu pengertian yang berkembang di masyarakat. Nah, khusus untuk kamu yang sedang mengalami ini, simak yuk cara agar label pengangguran tidak melekat di kamu!

1. Take a short trip

Sisters, menentukan karir bukan perkara yang mudah bagi seorang fresh graduate. Selama kamu masih ragu dan benar-benar tidak tahu harus mengambil keputusan apa, coba berlibur sejenak. Rutinitas perkuliahan dan tugas akhir mungkin telah menyita waktumu belakangan ini. Lakukan penyegaran dengan berlibur ke tempat yang menyenangkan, suasana tenang akan membuatmu lebih nyaman berfikir.

2. Kursus bahasa dan keterampilan

Sebelum label mahasiswa benar-benar copot dari dirimu, segera ambil kursus bahasa atau kursus keterampilan lainnya seperti memasak, menjahit, dan sebagainya. Kursus bahasa tidak akan berakhir sia-sia, justru ini menambah bekal kamu untuk bersaing di dunia kerja. Sedangkan kursus keterampilan bisa membuat kamu lebih produktif. Label pengangguran akan menjauh sejenak dan kamu punya waktu untuk melihat situasi life after college yang sesungguhnya.

3. Freelance project

Jika ada tawaran untuk ikut freelance project dari dosen atau senior untuk beberapa minggu atau beberapa bulan, tidak ada salahnya kamu terima. Selain akan menambah pengetahuanmu, mendapat penghasilan yang lumayan, kamu juga bisa sambil mempelajari situasi langkah selanjutnya yang akan kamu tempuh. Kamu tidak akan dibilang pengangguran selama masih melakukan pekerjaan ini.

4. Sibuk dengan bisnis

Memiliki bisnis adalah langkah yang tepat jika telah kamu mulai bahkan masih di bangku kuliah. Terus tekuni pengembangan bisnismu dan fokus di dalamnya. Tidak menutup kemungkinan jika setelah itu kamu tertarik untuk menjajaki karir profesionalmu. Bisnis yang telah siap ditinggal dengan sistem yang telah ada akan membuatmu semakin tenang membangun karir. Jika kamu punya bisnis, label pengangguran tidak akan pernah singgah lho! Mulai deh berjualan kecil-kecilan.

5. Gabung dengan NGO

Banyak NGO (Non-Governmental Prganization) atau organisasi sosial lainnya yang bisa kamu lirik untuk bergabung. Sebagai mahasiswa, bergabung di berbagai organisasi sosial akan menambah pengetahuan di bidang studimu. Buka jaringan dengan mengenal lebih banyak orang, mereka kan semakin membuka wawasanmu.

Menjadi pengangguran setelah lulus kuliah memang membuat sebagian besar sarjana menjadi resah. Banyak dari mereka yang mungkin benar-benar buta akan langkah selanjutnya yang akan mereka tempuh. Mencoba mengisi hari-hari setelah kelulusan dengan berbagai kegiatan positif di atas akan membuat para fresh graduate semakin “berisi” Sisters! Tetap aktif berkegiatan postif yuk!

Leave a Reply