Tips Agar Adenium Rajin Berbunga

Tips Agar Adenium Rajin Berbunga. Pengen koleksi adenium Anda semarak dengan bunga? Adenium atau kamboja jepang adalah salah satu tanaman hias berbunga yang menjadi favorit para hobies. Bunganya yang indah dan lebat memberi kesan semarak pada taman.

Sayangnya, memiliki adenium yang rajin berbunga tidaklah mudah. Tanaman adenium jika tidak dirawat dengan benar biasanya enggan menghasilkan bunga. Yang semarak. Sehingga, keindahan tanaman hias berbunga ini tidak terlihat. Oleh karena itu, sebagai hobies atau kolektor adenium kita harus benar-benar mengetahui teknis perawatan adenium yang baik agar rajin berbunga.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan agar adenium koleksi kita rajin berbunga:

  1. Pastikan tanaman sehat

Tanaman yang sehat tentunya memiliki energi yang cukup untuk menghasilkan tunas-tunas baru. Sehingga pertumbuhan vegetatif dan generatifnya berlangsung maksimal. Seperti apa karakteristik tanaman adenium yang sehat? Ciri tanaman adenium yang sehat antara lain tampak dari penampilan daunnya yang sehat dan segar serta percabangan yang tumbuh baik.

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar tanaman tetap sehat antara lain: media tanam, penyiraman, pemupukan, pemangkasan dan pengendalian organisme pengganggu tanaman.

  1. Lakukan pemupukan yang tepat

Untuk pupuk dasar umumnya pemberian pupuk kandang sudah cukup memadai. Selanjutnya untuk memacu pembungaan bisa diberikan pupuk majemuk NPK setiap satu bulan sekali.

  1. Lakukan pemangkasan secara berkala

Menurut Chandra Gunawan, kunci utama agar Adenium rajin menghasilkan bunga yang semarak adalah pemangkasan. Mengapa? Karena pemangkasan cabang dan ranting akan memicu tumbuhnya tunas-tunas baru. Dari tunas-tunas baru ini nantinya akan muncul bakal-bakal bunga yang akan mekar dalam rentang waktu 2-3 hari.

Bekas pangkasan biasanya rata-rata akan terbentuk dua tunas baru. Semua tunas yang muncul berpotensi menghasilkan bunga. Sehingga makin banyak tunas yang tumbuh, maka kuntum bunga adenium yang dihasilkan juga akan semakin lebat.

Dengan perlakuan pemangkasan dan pemberian pupuk NPK secara teratur, Adenium akan rajin berbunga tanpa henti selama 1-2 bulan. Pemangkasan Adenium tidak ada batasannya, namun sebaiknya jangan terlalu sering karena bisa membuat tampilan tanaman semakin lebar.

Demikian Tips Agar Adenium Rajin Berbunga, semoga bermanfaat!

Leave a Reply