6 Cara Ampuh Agar Tidak Bau Mulut

Sisters, salah satu persoalan yang kerap dihadapi oleh manusia adalah bau mulut. Terutama bagi kita perempuan apalagi yang telah berkeluarga, bau mulut menjadi persoalan yang harus segera dicari solusinya. Penyebab bau mulut bisa bermacam-macam, namun intinya adalah terdapat bakteri yang berkembang di dalam mulut sehingga aroma yang keluar menjadi tidak sedap. Yuk simak beberapa tips berikut untuk meminimalisir kemungkinan bau mulut.

  1. Rajin kontrol gigi

Usahakan untuk mengontrol gigi rutin minimal 6 bulan sekali untuk mengecek kondisi gigimu. Gigi berlubang, karang gigi, atau tidak membersihkan gigi secara benar akan memicu pertumbuhan bakteri dengan cepat. Jika kita rajin kontrol ke dokter, kemungkinan ini akan semakin kecil.

  1. Kebersihan gigi dan mulut

Perawatan gigi sehari-hari sangatlah penting. Rajin sikat gigi minimal 2 kali sehari adalah hal yang paling mudah. Lebih baik lagi jika kita sempat sikat gigi setiap kali habis makan. Tambah pula perawatan melalui berkumur dengan air yang mengandung oksigen akan lebih baik.

  1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet yang mengandung xylitol dapat mengurangi resiko bau mulut karena akan merangsang mulut menghasilkan air liur. Mulut yang kering bisa memicu bau mulut, oleh karena itu mengunyah jenis permen karet ini bisa sangat membantu.

  1. Hindari makanan berbau tajam

Bawang, durian, jengkol, petai, merupakan sekian banyak jenis makanan yang memiliki bau tajam. Hindari mengkonsumsi makanan ini untuk mengurangi resiko bau mulut. Jika harus mengkonsumsinya, sikat gigi dan berkumur setelah makan agar mulut tetap segar.

  1. Jangan merokok dan kurangi kopi

Rokok dan kopi dapat meninggalkan aroma asam yang tidak sedap di mulut. Baunya pun akan sulit dihilangkan. Berhentilah merokok dan hindari konsumsi kopi mulai sekarang, selain akan membuat mulut segar, kesehatan juga akan lebih terjaga.

  1. Minum air putih

Minum air putih sesering mungkin. Selain bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, air putih dapat membantu tetap membuat mulut basah. Mulut yang kering bisa membuat bau tidak sedap bersarang.

Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, memiliki aroma mulut yang harum juga bisa mendatangkan pahala lho, Sisters. Membuat lawan bicara menjadi senang akan berbuah pahala, Insya Allah. Gimana, apa ada yang sudah kamu coba dari tips di atas?

Leave a Reply