Tips Beradaptasi Di Lingkungan Kantor Baru

Bekerja di lingkungan kantor baru tentu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan, namun di sisi lain ini juga akan menimbulkan tantangan tersendiri. Anda harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, tidak hanya dengan apa yang menjadi pekerjaan dan tugas Anda, tetapi juga bagaimana bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja, atasan dan lingkungan kantor secara menyeluruh.

tips tips interview kerja untuk fresh graduate

Berikut ini adalah beberapa tips beradaptasi di lingkungan kantor baru yang dapat Anda ikuti:

1. Bersikap positif
Menunjukkan sikap yang menyenangkan di tempat kerja dan menjadi orang yang menyenangkan merupakan langkah dasar untuk dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan baru di kantor. Kuncinya adalah dengan bersikap ramah namun tetap sopan.

2. Ketahui deskripsi tugas
Anda harus mengetahui spesifikasi apa yang menjadi pekerjaan Anda sejak awal. Cari tahu bagian dari wilayah tugas Anda agar lebih fokus dalam mempelajari apa yang menjadi pekerjaan atau tugas Anda.

3. Kenali budaya kerja perusahaan
Agar mudah beradaptasi dengan pekerjaan, terlebih dengan rekan-rekan kerja Anda, maka sangat penting untuk mengenali budaya kerja di perusahaan tersebut. Dengan begitu Anda akan dapat mempersiapkan mental lebih awal untuk menghadapi tantangan apa saja yang mungkin dihadapi dalam pekerjaan.

4. Terbuka untuk menerima kritik dan saran
Salah satu penyebab karyawan baru sulit bertahan adalah kurangnya kemampuan untuk menerima kritik dan saran, baik dari rekan maupun atasan. Selalu tanggapi kritik dan saran yang diberikan melalui sisi positif.

5. Open Minded
Banyaknya kepala yang ada di kantor berarti banyak juga akan banyak ide yang keluar dari masing-masing orang. Bukan tidak mungkin ide yang diberikan oleh rekan-rekan tak sejalan dengan Anda. Perbedaan ide bukanlah suatu hal yang buruk, sebaiknya hargailah setiap perbedaan yang ada dengan pikiran yang terbuka.

6. Fleksibel
setiap orang tentu memiliki kharakter berbeda antara satu dengan yang lainnya, demikian pula dengan rekan kerja Anda di kantor baru tersebut. Karena sangat penting bagi Anda untuk menyesuaikan diri dengan masing-masing kharakter yang dihadapi.

Leave a Reply