Tips Berbisnis Sambil Bekerja

Membangun karir yang mapan adalah impian bagi sebagian besar orang. Namun banyak pula yang bilang bahwa memiliki karir mapan saja tidak pernah cukup, karena berkarir pasti memiliki batasnya. Sedangkan memiliki bisnis akan memberi peluang yang banyak bagi seseorang untuk menjadi pemimpin selama ia mampu. Namun ternyata tidak banyak yang berani memulai bisnis sambil membangun karir, jika kamu salah seorang yang masih ragu, yuk simak beberapa tips berikut!

 

1. Pilih bisnis yang mudah dipantau

Jika kamu pemula dalam berbisnis dan sedang membangun karir, pilih bisnis yang cenderung mudah dipantau. Artinya, saat kamu kerja kantor, bisnis tetap bisa terpantau. Yang paling mudah saat ini adalah bisnis online, akses bisnis online bisa dari mana saja dan kapan saja.

 

2. Strict pada jam kerja kantor

Efektif bekerja di kantor pada jam kantor harus kamu lakukan. Selesaikan semua tugas pada jam kantor, pulang tepat waktu, dan bagi pikiran maupun tenaga pada pengembangan bisnismu. Waktu setelah jam pulang kantor masih sangat panjang untuk bisa dihabiskan lebih bermanfaat.

 

3. Jalani dan ciptakan sistem kerja

Mulai dan jalani bisnismu sendiri. Buat evaluasi pada 3 hingga 6 bulan awal. Ciptakan sebuah sistem yang bisa mempermudah kerjamu. Misalnya, tentukan jam operasional bisnismu agar kamu bisa mengatur waktu dengan jam kantor dan lainnya.

 

4. Delegasikan kepada orang kepercayaan

Jika sebuah sistem kerja telah terbentuk, kamu sudah mulai memahami alur bisnismu sehari-hari, sudah mulai bisa membaca kecenderungannya, mulai delegasikan bisnismu pada orang kepercayaan. Bisa dimulai dengan saudara atau teman terdekat yang tidak memiliki kegiatan padat sehingga bisa ikut memantaunya.

 

5. Bisnis sambil refreshing!

Jadikan bisnismu sebagai alat untuk merefresh kembali jam-jam jenuh di kantor. Artinya, jangan sampai bisnis menjadi sebuah beban baru bagi kamu. Hal ini harus diterapkan agar kamu bisa senang membangun bisnis di samping pengembangan karir yang terus berjalan. Oleh karena itu memilih sesuatu yang kamu senangi sangat perlu dilakukan.

 

6. Manfaatkan hari libur

Waktu kita adalah 7 x 24 jam dalam seminggu. Semua waktu bisa kita atur menjadi efektif dan menyenangkan. Maka jam-jam kosong atau hari libur bisa kamu gunakan untuk berbisnis yang menyenangkan! Anggap saja semua itu sebagai liburan dan hiburan, sehingga hari libur diisi dengan hal yang bermanfaat dan menghasilkan untuk masa depan.

 

Nah sekarang sudah tidak ragu lagi kan memulai bisnis meskipun kamu sedang bekerja membangun karir? Banyak lho contoh orang yang sukses membagi waktu dan perhatian untuk keduanya. Seiring berjalan waktu karir melesat bisnispun berkembang stabil. Yuk dimulai!

 

Leave a Reply