Tips Memanfaatkan Barang-barang Sisa di Rumah

Tips Memanfaatkan Barang-barang Sisa di Rumah. Tahukah Anda bahwa barang-barang sisa atau tak terpakai seperti ampas kopi, air cucian beras, air teh dan sebagainya ternyata masih memiliki daya guna? Dengan sedikit pengetahuan dasar dan kreatifitas, benda-benda sisa ini bisa dijadikan alat kecantikan bahkan pengganti produk kimia rumah tangga untuk beberapa tugas rumah. Dengan memanfaatkan barang-barang sisa atau barang sederhana di rumah, Anda bisa menghemat serta melakukan suatu tugas dengan lebih efisien.

Ingin tahu bagaimana caranya memanfaatkan barang-barang sisa di rumah? Berikut beberapa tipsnya:

  • Gunakan ampas kopi bubuk sebagai penghilang bau alami. Caranya, tuangkan ampas dan air sisa kopi bubuk ke dalam lubang kloset dan biarkan di sana sampai ada yang menggunakan dan mengguyur kloset. Kopi sangat ampuh sebagai penghilang bau. Bubuk kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau sepatu; taburkan bubuk kopi ke dalamnya lalu bungkus sepatu rapat-rapat dengan plastik dan diamkan semalaman.
  • Gunakan air cucian beras sebagai pencuci dan pencerah wajah alami, terutama untuk Anda pemilik gaya hidup aktif yang sering terpapar sinar matahari sehingga warna kulit jadi belang. Setiap mencuci beras, tampung air hasil cucian kedua di dalam wadah bertutup dan taruh di kulkas sampai mengendap. Gunakan airnya untuk mencuci wajah seperti biasa dan diamkan sampai kering sebelum dibilas.
  • Gunakan sedikit bubuk vanili sebagai pengusir semut. Cukup taburkan di sudut-sudut yang sering didatangi semut. Cara ini lebih aman daripada terus-menerus menyemprot dapur dengan obat serangga atau menggunakan kapur pembunuh semut.
  • Gunakan air teh sisa untuk membersihkan permukaan kaca yang kusam, misalnya meja atau jendela. Cukup cipratkan air teh ke bagian yang dirasa paling jorok atau kusam, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan lap seperti biasa.
  • Gunakan sisa potongan jeruk nipis atau lemon sebagai penghilang noda hitam di siku dan lutut. Cukup gosokkan potongan lemon atau jeruk nipis secara teratur sebelum mandi ke bagian yang menghitam.

Dengan ide-ide sederhana ini, Anda bisa memecahkan masalah kecil di rumah dan merawat kecantikan dengan cara murah. Selamat mencoba beberapa Tips Memanfaatkan Barang-barang Sisa di Rumah, semoga bermanfaat ya Sist’ :)

Leave a Reply