Tips Membangun dan Membuat Usaha Kecil Anda Berbeda

Usaha Kecil adalah usaha yang tahan banting dan sangat menjadi fokus pemerintah saat ini. Ini nyata adanya, terlihat dari program pemerintah dan swasta yang membuka kesempatan besar bagi pemilik usaha kecil untuk dapat maju menunjang perekonomian rakyat.

Banyak pengaruh positif bagi perekonomian Indonesia dengan membantu membuka lapangan pekerjaan dari setiap lingkup terdekat usaha kecil tersebut.

Keunikan usaha kecil dapat menciptakan pengalaman berharga bagi pelanggan. Produk yang sangat khusus, dengan target pelanggan yang tepat dan operasional yang tidak terikat dengan peraturan seperti aturan perusahaan besar membuat usaha kecil sangat fleksibel. Usaha kecil sangat bersaing dan ingat banyak elemen-elemen yang sangat kompleks untuk dapat menjalakan usaha kecil tersebut.

Berikut ini tips yang dapat menbuat daya tarik terhadap usaha kecil yang anda jalankan.

Seperti apa Merek dagang anda?
Tidak sekedar logo dan nama sebuah merek dagang atau barang dagangan anda, tapi keterikatan anda dengan pelanggan dan pengalaman menarik apa yang mereka dapatkan. Tidak hanya unsur visual dari usaha anda, tapi apa yang anda lakukan, bagaimana anda melakukannya, interaksi apa saja, informasi apa saja yang anda bagikan kepada pelanggan baik media offline dan online. Semua ini membangun kepercayaan terhadapat merek dagang anda.

Terlihat dan Beda
Jika merek dagang anda ingin menjadi semakin kuat, anda harus tahu apa yang membuat merek tersebut unik dibandingkan dengan merek lain pada insdustri yang sama. Selalu pelajari apa yang harus membuat berbeda dengan merek lain.

Mempunyai produk dan layanan yang keren!
Pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan dan efek mulut ke mulut yang tercipta dengan sendirinya adalah yang terpenting. Sangat susah membuat pelanggan balik lagi menggunakan dagangan anda kecuali mereka mendapatkan sesuatu diluar harapan mereka (dalam hal positif tentunya). Terus perbaiki kualitas dagangan dan layanan, menerima tantangan dari pelanggan dan selalu menempatkan produk berkualitas bagi mereka, jangan hanya memikirkan pemasukan dari pelanggan.

Pastikan pelanggan mengenal anda
Banyak usaha kecil gagal karena sang pemilik tidak dikenal para pelanggan. Pelajari para pebisnis yang bergerak dari bawah dan terkenal saat ini, aktif di media sosial bisa berinteraksi langsung dengan pelanggannya. Dengan begini dagangan anda bisa mendapat masukan secara langsung dan membuat produk tetap terjaga kualitasnya. Memang tidak harus selalu tampil tapi untuk tetap menjaga kualitas maka selalu ciptakan keterikatan dengan pelanggan.

Tentukan Merek dan Logo
Hal ini penting untuk pertama kalinya dagangan anda dikenal, jika merubah merek dan logo saat usaha anda sudah berjalan maka anda akan membayar ‘mahal’ untuk hal tersebut. Nama Merek dan Logo harus sangat mudah dikenali dan sesuai dengan produk anda.

Pesan yang berbeda
Selalu berikan kesan saat menyampaikan pesan tentang dagangan anda. Pelajari perusahaan besar yang mempunyai salam khusus cara unik berkomunikasi kepada pelanggannya baik di telepon, media sosial atau bertemu langsung.

Bangun Komunitas
Sebuah merek yang sukses adalah karena mendapat kepercayaan dari pelanggannya, membangun komunitas online dan offline bisa membantu anda untuk mencapainya. Tidak harus berpikir biaya besar, media sosial adalah tempat yang paling tepat untuk menggalang komunitas online. Untuk komunitas offline anda bisa memulai dengan berpartisipasi pada acara-acara sosial sebagai sponsor atau membuat acara khusus bagi pelanggan setia.

Bercerita-lah
Tidak melulu harus jualan saat bertemu dengan calon atau pelanggan anda, berceritalah kepada mereka ada apa dibalik terciptanya produk, apa yang dagangan anda lakukan terhadap pelanggan setia, visi misi anda kedepan. Ajak mereka untuk mengenal lebih jauh!

Handal
Tepati janji-janji yang sudah anda berikan kepada pelanggan, jangan membuat mereka kabur karena janji produk yang anda jual tidak terbukti.

Nilai Tambah
Ada harga ada rupa, dapat membantu membedakan merek anda sangan bersaing dengan merek lain. Kembali lagi, apa ceruk yang layani? Apa yang anda lakukan sehingga berbeda dengan merek lain? Apa yang bisa dirasakan pelanggan setelah menggunakan dagangan anda? Semua jawaban atas pertanyaan ini akan menentukan nilai tambah produk anda, bisa jadi kualitas produk, inovasi produk, layanan pelanggan atau gabungan dari semua itu.

Penulis : @cukuskumir

Editor : Andria Nur Wahyu

Leave a Reply