Tips Membuat CV yang Menarik

Bayangkan 1 lowongan pekerjaan di lamar oleh puluhan bahkan ratusan pelamar! Hal ini pasti akan membingungkan pihak recruiter. Hanya beberapa pelamar saja yang akan di filter oleh recruiter. So, pastikan CV kamu terlihat baik dimata recruiter. Lalu bagaimana sih caranya membuat CV yang baik dan menarik?

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengirimkan CV adalah salah satu step awal proses rekrutmen pekerjaan. Kamu sebagai pelamar pekerja biasanya dituntut untuk membuat Curriculum Vitae (CV) untuk dikirimkan kepada perusahaan yang kamu tuju. Nantinya recruiter (orang yang akan memilih calon pekerja yang tepat) akan menscanning dan membaca satu per satu semua CV pelamar yang masuk ke database mereka.

Yuk coba kita bayangkan kita berada di posisi sebagai recruiter. Di saat yang bersamaan, dia harus memilih mana calon pelamar yang tepat untuk posisi yang sedang ia cari. Dan seringkali jumlah pelamar tersebut sangat banyak sekali. Maka tak jarang recruiter yang merasa bosan ketika harus membuka satu per satu CV para pelamar tersebut. Apalagi jika jumlah pelamar nya sampai ratusan orang!

Nah disinilah tugas kita bagaimana kita harus bisa membuat CV yang benar dan menarik! Kenapa harus menarik? Logika nya begini, jika kita mempunyai 100 orang teman dan seluruh teman kita memiliki kesamaan yang sangat mirip, pasti kita sulit membedakan satu dengan yang lain nya. Namun jika salah satu dari 100 teman kita tersebut memiliki kemampuan / penampilan / pengalaman yang unik, pasti ia akan selalu menjadi pembeda dibandingkan yang lain. Betul atau betul? :)

Jadi bagaimana tips membuat CV yang baik dan menarik?

  1. Tinggalkan Copy Paste!

Sudah terlalu banyak referensi yang menunjukan bagaimana cara membuat Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae yang benar. Mereka yang membuat referensi ini tidak salah! Namun kita lah yang salah jika kita menggunakan contoh atau template yang mereka buat sama persis dengan apa yang kita buat.

Bayangkan jika ada ratusan pelamar, dan ratusan pelamar tersebut memilik format dan bahasa yang mirip satu sama lain. Sudah kebayang kan betapa jenuh nya profesi recruiter? hehe :)

Nah dari poin ini sudah jelas, bahwa pastikan kita harus memiliki keunikan tersendiri dalam membuat CV. Boleh melihat contoh – contoh CV yang sudah ada, kemudian kita ambil benang merah nya. Apa sih poin-poin yang paling penting dalam sebuah CV, kemudian kita masukan poin-poin penting tersebut ke dalam CV kita dengan bahasa kita sendiri.

Contoh: Achievement / Prestasi apa yang pernah kita capai sebelum ini. Poin ini bagi sebagian recruiter penting sekali. Karena inilah yang akan membedakan mana calon ‘shinning star’ dan mana yang calon ‘karyawan rata-rata’ :)
So, pastikan kita memiliki poin ini dan kami yakin inilah yang akan membedakan CV anda dengan CV pelamar yang lain.

Tips #2. Singkat, Padat dan Jelas serta Menarik!

Leave a Reply