Tips Memilih Kosmetik Yang Halal

Bahan-bahan pembuat kosmetik sebagian besar dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kimia, walaupun saat ini sudah banyak kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik tersebut. Aman bukan cuma soal halal, tapi juga bisa memudahkan anda untuk beribadah. Seiring perkembangan teknologi, berbagai masalah kecantikan bisa dipecahkan dengan memakai kosmetik-kosmetik tertentu.

Keriput dan kulit gelap yang dulunya dianggap sebagai sesuatu yang harus diterima, kini bisa dihambat sehingga wanita bisa cantik dan mudah lebih lama. Namun sebagai seorang muslimah anda tentu memperhatikan keamanan produk yang digunakan, apakah ini hanya soal bahan-bahan penyusun kosmetik? Sebaiknya tidak, karena ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar penggunaan kosmetik tidak mengganggu ibadah anda.

Label hala, jangan asla percaya dengan tanda halal yang dicantumkan di produk-produk. Pastiakan anda label MUI pula yang menyertai label halal itu, karena jika tidak maka anda patut meragukan kehalalannya. Komposisi bahan, periksa juga komposisi bahannya, pastikan tidak ada sat haram seperti alcohol dan bahan yang berasal dari babi. Komposisi bahan ini seringkali ditulis dengan ilmiah atau nama dagang sehingga tidak bisa langsung diketahui sumbernya halal atau tidak. Tanyakan pada ahlinya dan cari informasi melalui internet tentang sumber bahan-bahan ini. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik tersebut.

Cara produksi, proses produksi juga harus kita ketahui, anda juga harus memastikan produk tersebut dibuat dengan cara tidak halal, maka produk itupun tidak halal. Demikian pula jika produk tersebut ternyata illegal, atau pabrik pembuatnya diketahui melanggar hukum, curang dalam menjalankan pabrik dan semena-mena terhadap buruh. Sebaiknya produk yang demikian dihindari sekalipun memasang label halal.

Mudah dibersihkan, saat wudu tidak boleh ada kosmetik yang menghalangi air membersihkan tubuh, perhatikan faktor ini juga karena beberapa kosmetik susah dibersihkan dengan guyuran air saja, sedangkan untuk menjalankan shalat lima wkatu, anda tidak selalu memiliki banyak waktu untuk membersihkan kosmetik dan mengenkaan kembali.

Memang tidak mudah untuk menentukan sebuah produk kosmetik itu halal atau tidak. Tapi satu hal yang paling penting adalah kesadaran konsumen muslim untuk memilih produk-produk yang halal. Sehingga kedepannya produk-produk halal akan semakin banyak diproduksi dan mudah diperoleh.

Leave a Reply