Tips Mempertahankan Keluarga Yang Harmonis

Setiap pasangan yang telah menikah tentulah menginginkan rumah tangga yang bahagia dan harmonis, tak ada satu pun di dunia ini pasangan yang menginginkan rumah tangga mereka berantakan dan kacau. Namun mengapa kenyataan yang dihadapi justru sebaliknya, banyak rumah tangga yang kemudian runtuh di tengah jalan karena perceraian atau mereka yang tetap kekeh mempertahankan rumah tangga meski tidak bahagia dan harmonis. Tentulah ada sebab dan solusi untuk masalah tersebut.

hijapedia keluarga harmonis

Saat ini ada banyak sekali buku panduan bagaimana membina rumah tangga yang bahagia dan harmonis, dengan mempelajari dari buku-buku tersebut, Anda pun akan menemukan bagaimana mempertahankan keluarga yang harmonis. Sebagaimana dikutip dalam salah satu buku panduan pernikahan karya Noveldy bahwa segala sesuatu yang kita lakukan harus didasari ilmu apalagi untuk pernikahan yang tanggung jawabnya dunia akhirat.

Ada banyak hal yang harus diketahui untuk dapat memperbaiki kualitas hubungan suami istri, kepercayaan, pentingnya saling menghargai, prinsip bahwa soulmate itu ditemukan bukan diciptakan dan pelajaran-pelajaran berharga lain dalam buku karya Noveldy ini tentunya akan mengubah mindset Anda mengenai apa itu pernikahan. Dengan ilmu dan pengetahuan serta niat yang kuat, maka untuk mewujudkan sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan. Dan yang tidak kalah penting adalah ilmu juga akan menyelematan kekaraman rumah tanga Anda ketika didera masalah besar, karena ilmu Anda akan mengajarkan Anda bagaimana menyikapi setiap masalah rumah tangga yang muncul.

Noveldy menegaskan bahwa keharmonisan dalam rumah tangga membutuhkan peran dari kedua belah pihak, baik suami maupun istri. Saling menghargai, menyayangi, intropeksi dan memahami. Fokus suami istri adalah membangun surga di rumah bukan memerangi perbedaan, bukan memaksakan kesetaraan. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa membangun sebuah rumah tangga, mempertahankan sebuah pernikahan dan menciptakan kebahagiaan dari sebuah perkawinan membutuhkan skill, membutuhkan pengetahuan dan keahlian. Anda tidak bisa menjalani pernikahan dan mengatakan biarkan mengalir lalu mengharapkan kebahagiaan. Semua butuh pengorbanan. Untuk mereka yang Anda cintai, sebesar apa pengorbanan yang siap Anda berikan?

One Comment

Leave a Reply