Tips Mempertahankan Wudhu Sepanjang Hari

Wudhu adalah ibadah yang sangat ringan dan mudah. Kendati dianggap ringan dan mudah, ibadah wudhu ini memiliki khasiat dan keutamaan (fadlilah) yang sangat besar bagi pelakunya, secara jasmani maupun ruhani.

Menjaga wudhu berarti kita gak pernah dalam kondisi batal wudhu. Setiap kali batal wudhu, segera mengambil wudlu lagi. Ada banyak sekali manfat yang dapat diperoleh ketika bunda menjaga wudlu sepanjang hari, terlebih bagi bunda yang dlam masa menyusui atau mengandung. Lalu apa saja manfaat dari menjaga wudlu itu? Diantaranya adalah: pertama, menghemat waktu karena pada saat di perjalanan, terutama, pada saat kita sibuk mencari masjid untuk mendirikan shalat. mungkin bunda tak ketinggalan shalat karena bisa langsung masuk barisan shaf. Kedua, dalam beberapa hal menghemat penggunaan air, terutama bila bunda bisa menahan buang angin dalam kurun yang panjang. Ketiga, Insya Allah terjaga dari kemungkinan berbuat maksiat karena kita dalam keadaan bersuci. Godaan syetan dan iblis itu sungguh luar biasa dan kadang masuk dalam relung hati kita dengan sangat halus karena lihainya mereka mengelabui diri kita.

Nah, setelah bunda mengetahui beberapa manfaat dari menjaga wudlu, sekarang saatnya bunda untuk mengetahui bagaimana cara yang teapt untuk mempertahan wudlu sepanjang hari? Berikut adalah tips mempertahankan wudlu sepanjang hari yang dapat bunda ikuti:

  1. Di pagi hari saat bunda bangun tidur, ambil wudlu untuk shalat subuh. Pertahankan wudlu tersebut semaksimal bunda bisa.
  2. Hindari makanan yang mengandung gas tinggi karena cenderung akan membuat perut begah atau mulas sehingga mudah buang gas atau kentut.
  3. Hindari menyentuh lawan jenis yang bukan mahrom.
  4. Hindari menyentuh benda-benda najis, baik najis ringan, sedang maupun berat.
  5. Segera ambil wudlu saat bunda batal wudlu, baik karena buang air, buang gas atau bersentuhan dengan yang bukan mahrom.
  6. Tidur juga dapat membatalkan wudlu, bagi bunda yang memiliki rutinitas tidur siang, segera ambil wudlu kembali setelan tidur siang.
  7. Selalu tidur baik malam maupun siang dalam keadaan suci atau memiliki wudlu.

 

Leave a Reply