Tips Mengajak Anak Ikut Berjilbab

Tips Mengajak Anak Ikut Berjilbab. Sebagai ibu muslimah dari anak perempuan yang manis, Anda pasti senang jika si kecil ikut memakai jilbab bersama Anda. Akan tetapi, apakah si kecil benar-benar berniat memakai jilbab karena keinginan sendiri, atau karena Anda paksa? Ingat, bagi anak perempuan yang belum akil balig, memakai jilbab memang belum menjadi keharusan sehingga Anda tidak boleh main paksa. Salah-salah, Anda malah membuat si kecil ‘trauma’ dan menolak memakai jilbab saat sudah lebih dewasa.
Kuncinya: Jangan Main Paksa!

Membiasakan anak memakai jilbab sejak kecil memang baik, tetapi Anda juga harus ikut menanamkan pemahaman sesuai daya tangkap si anak bahwa memakai jilbab adalah sesuatu yang baik. Alih-alih memaksa, Anda harus membuat si anak menumbuhkan niat untuk memakai jilbab. Salah satunya adalah dengan mengembangkan kebiasaan berjilbab yang baik dan benar dari diri Anda sendiri. Dengan mengembangkan kebiasaan baik, anak Anda pun akan meniru.

Ingat, masa balita dan masa kanak-kanak adalah masa dimana anak senang meniru apa saja. Jika anak terbiasa melihat Anda memakai jilbab yang apik dan sopan, lama-kelamaan pasti akan timbul rasa penasaran anak tersebut untuk ikut mencoba. Saat ketertarikan itu mulai muncul, Anda bisa coba memperkenalkan anak pada model-model jilbab anak yang lucu dengan warna-warni cerah untuk memikatnya.

Memilih Jilbab Anak yang Pas

Saat memilihkan jilbab untuk si kecil, pastikan Anda mengajaknya jika sudah cukup besar dan bisa memilih. Dengan diajak memilih bersama, anak akan mengembangkan rasa suka pada jilbab tersebut dan akan merasa lebih senang memakainya, karena sesuai seleranya. Jangan lupa untuk memastikan bahwa jilbab yang Anda pilih terbuat dari bahan yang nyaman, menyerap keringat , mudah dipakai dan ukurannya pas untuk kepala si anak.

Satu hal lagi: jika Anda memang berniat mengajari anak memakai jilbab, jangan separuh-separuh. Misalnya, anak dipakaikan jilbab tetapi bawahannya kaos tanpa lengan dan celana selutut ketat. Pastikan Anda mulai memilihkan baju yang pas dipakai bersama jilbab, misalnya rok, baju terusan, kaos lengan panjang dan blus. Pilihkan dari bahan yang ringan dengan warna-warni kesukaannya. Demikian bacaan mengenai Tips Mengajak Anak Ikut Berjilbab, semoga bermanfaat Sist’.

Leave a Reply