Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Anak susah makan merupakan masalah klasik yang dihadapi para ibu. Tidak jarang kondisi ini akan membuat ibu bingung bahkan stress. Permasalahan tersebut seringkali muncul pada usia tahun pertama si buah hati, pada masa ini anak akan cenderung memilih-milih atau bahkan tidak mau makan sekali. Penyebab anak susah makan ada dua yakni faktor fisik seperti kondisi tubuh yang kurang sehat, terjadinya gangguan pencernaan, infeksi dan lain-lain serta faktor psikis seperti lingkungan keluarga yang kurang menyenangkan, suasana tempat makan membosankan dan lain sebagainya.

Hijapedia It's Your Community (10)

Anak susah makan merupakan masaah serius, karena jika ini terus berlanjut, maka anak akan mengalami urang gizi. Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut adaah tips mengatasi anak susah makan yang dapat Anda coba:

1. Sajikan makanan dalam porsi kecil
Lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak, sebaiknya berikan ia makanan sedikit demi sedikit. Menyajikan makanan dalam porsi besar hanya akan membuat anak merasa eneg dan enggan untuk memakannya.

2. Batasi pemberian minum di sela-sela waktu makan
Minuman rendah lemak maupun jus buah segar memang penting tumbuh kembang untuk anak, namun jika Anda terlalu banyak memberinya minum, maka tidak akan ada tempat yang cukup untuk makanan maupun kudapan sehat yang bisa masuk ke perut anak.

3. Variasi menu makanan
Cobalah untuk lebih kreatif dalam menyajikan menu makanan, baik dalam hal penyajian maupun pilihan menu yang berubah-ubah. Biarkan buah hati Anda memilih makanan yang ia sukai.

4. Makan teratur
Jadwalkan waktu makan dengan teratur agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya.

5. Jadikan saat makan menyenangkan
Hindari mengancam atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Cara ini hanya akan membuat anak merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Hal ini juga dapat menimbulkan trauma psikologis baginya.

6. Beri cemilan sehat
Berikan cemilan sehat dalam porsi kecil di sela-sela watu bermainnya untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Leave a Reply