Tips Menghilangkan Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota perempuan, walaupun terbungkus rapi dengan hijab yang cantik, tetap saja kerontokan rambut menimbulkan rasa khawatir. Gak mau kan mengalami kebotakan? Apalagi di usia muda. Sebenarnya penyebab kerontokan rambut itu terjadi karena 2 faktor:

  1. Faktor Eksternal, yaitu faktor dari luar yang menyebabkan rambut rapuh, mudah patah dan rontok berlebihan. Biasanya disebabkan karena kamu sering mengganti-ganti gaya rambut, radikal bebas dan bahan kimia.
  2. Faktor internal, yaitu faktor dalam seperti genetik, hormonal (biasanya terjadi pada wanita hamil dan terjadi sementara), stres berlebihan, atau gejala awal dari suatu penyakit.

mengatasi kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor eksternal biasanya lebih mudah, sedangkan yang disebabkan oleh faktor internal seperti genetik, dan gejala awal suatu penyakit diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan ahlinya. Tapi sementara, bila rambut rontokmu terjadi tiba-tiba, dan tidak terlalu parah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan di rumah:

  1. Gunakan alpukat. Alpukat kaya akan asam lemak dan nutrisi, sangat baik bila rambutmu termasuk jenis yang kering, karena kerontokan tersebut mungkin saja bukan dari akar namun karena patah. Caranya, hancurkan alpukat dalam
    mangkuk hingga menjadi pasta kasar. Lalu, usapkan pada
    rambut dari akar ke ujung rambut dengan pijatan lembut, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan shampoo.
  2. Gosokkan lidah buaya. Lidah buaya atau aloe vera mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, bila rambut sehat dan kuat diharapkan rambut rontok berkurang. Kamu tinggal menggosokkan daging lidah buaya di kulit kepala, diamkan 15 menit kemudian bilas dengan shampoo.
  3. Gunakan teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi rambut dari paparan polusi. Cukup seduh teh tersebut dengan air panas, kemudian biarkan semalaman. Kamu bisa menggunakan teh tersebut keesokan harinya, cukup usapkan air teh ke kulit kepala. Lakukan sesaat sebelum keramas.
  4. Memijat kepala. Pijatan di kepala dapat membantu merangsang sirkulasi darah dan membantu menjaga folikel rambut tetap aktif, loh! Apalagi kalau kamu memijatnya dengan menggunakan minyak aroma terapi lavender, almon atau wijen. Kalau kamu kesulitan memijat sendiri, mintalah bantuan orang lain yang lebih mahir agar hasil maksimal.
  5. Gunakan hair tonic. Hair tonic sering digunakan sebagai treatment untuk mengurangi rambut rontok. Hair tonic pun mudah di beli di supermarket, tapi sebagai konsumen cerdas ada baiknya kamu selektif dengan brand yang digunakan. Pilih hair tonic dengan merk terpercaya.

Selain dengan cara-cara diatas kamu juga harus perhatikan kondisi fisik dan psikologismu, jangan terlalu lelah, apalagi stres yang berlebihan. Selain fisik, kondisi rohani pun harus sehat, ya!

Penulis :[email protected]

Editor : Andria Nur Wahyu

Leave a Reply