Tips Mengurus Rumah Tanpa Asisten Rumah Tangga

Menjadi Ibu Rumah Tangga (IRT) memang harus pandai mengatur strategi. Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan membuat IRT harus menyiasati pola kerja mereka di rumah. Memiliki Asisten Rumah Tangga (ART) merupakan salah satu cara untuk memudahkan pekerjaan IRT. Namun tidak sedikit pula IRT yang tidak menggunakan jasa mereka karena berbagai alasan, baik tidak cukup anggaran hingga sulit cocok dengan orang baru. Nah, apa kamu salah satunya, Sisters? lalu apa kamu masih kerepotan mengurus rumah tanpa ART? Simak tips berikut yuk!

  1. Bangun lebih pagi

Ini adalah kunci utama keberhasilan dan kefektifan hari-harimu. Menjadi pemenang di pagi hari dengan bangun lebih pagi bisa membuat harimu efektif. Segera siapkan keperluan sarapan dan kebutuhan lainnya seperti pakaian kerja, pakaian seragam anak, dan urusan kamar mandi mereka.

  1. Learn your Routine

Rutinitas pagi setiap rumah tangga pasti berbeda. Pelajari dan ikuti alur kebiasaan keseharian keluargamu. Jika sudah ada pola yang terlihat, siasati dengan berbagai metode. Misalnya, memasak sambil mencuci pakaian di mesin cuci, menjemur ketika si kecil terlelap, siapkan pakaian kerja dari malam hari, dan sebagainya.

  1. Lakukan semua dengan cepat

Selain harus melakukan multitasking, IRT memang dituntut untuk sangat cekatan. Terlebih jika masih memiliki anak kecil. Lakukan semua dengan cepat dan hindari menumpuk pekerjaan. Cicil sedikit demi sedikit sambil melakukan rutinitas lainnya. Ini tantangan yang cukup besar bagi IRT.

  1. Choose your laundry time and method

Mencuci sama pentingnya dengan memasak. Jika semakin banyak cucian menumpuk maka akan semakin lama pekerjaan ini selesai. Mencuci, menjemur, dan menyetrika pakaian adalah serangkaian pekerjaan yang memakan waktu cukup banyak. Siapkan beberapa keranjang untuk jenis pakaian yang berbeda, seperti pakaian anak, pakaian berwarna, pakaian hitam maupun putih.

  1. Siapkan bahan masakan di malam hari

Kebutuhan makan adalah kebutuhan krusial yang paling pokok. Menyiapkan bahan masakan ketika ingin memasak pasti memakan waktu. Coba tentukan menu selama seminggu, simpan bahan masakan di kulkas, siapkan semalam sebelum memasak, dan pagimu akan lebih ringkas.

  1. Kemudahan teknologi

Gunakan berbagai tekonologi yang memudahkan pekerjaan IRT seperti mesin cuci satu tabung, oven listrik, kulkas, microwave, dan lain sebagainya. Peralatan ini meski sedikit mahal tetapi sangat memudahkan pekerjaanmu. Coba sisihkan uang belanja pelan-pelan untuk membelinya.

  1. Don’t push your self too hard

Biasanya yang membuat tekanan adalah diri kita sendiri. Kita yang menciptakan ekspektasi terhadap pekerjaan kita. Jika memang pekerjaan rumah tangga masih ada yang belum selesai, terlebih jika kamu punya anak kecil, jangan terlalu memaksa diri sendiri.

Jadi, sekarang sudah siap kan mengatur semuanya lagi? Jika kita bisa menyelesaikan pekerjaan rumah tanpa asisten rumah tangga, kenapa tidak?

Leave a Reply