6 Siasat Agar Anak Mau Makan

Menghadapi anak yang susah makan sudah menjadi tantangan bagi sebagian besar ibu. Akan ada masanya anak tidak mau makan masakan yang disediakan oleh ibunya. Terlebih jika anak sedang sakit atau merasakan ketidaknyamanan di tubuhnya, mereka biasanya akan masuk fase Gerakan Tutup Mulut (GTM). Hal ini tentu harus dihadapi dan disiasati secara baik oleh sang ibu, karena kebutuhan nutrisi anak setiap harinya semakin bertambah. Tidak hanya karbohidrat, tapi vitamin, mineral, zat besi, dan serat harus terkonsumsi baik oleh anak. Simak yuk tips berikut ini :

 

1. Ganti suasana makan

Anak-anak gampang sekali bosan dengan suasana makan. Ajak ia keluar rumah atau ke ruangan lain di rumah saat ingin makan. Suapi sambil ia melihat tanaman hijau atau sekedar melihat-lihat aquarium. Sesekali mengajaknya ke taman juga ide yang baik.

 

2. Ganti alat makan

Peralatan makan khusus yang disediakan orang tua terkadang menciptakan kejenuhan bagi anak. Mereka ingin makan dengan piring gelas baru atau bahkan piring orang dewasa yang biasa dipakai orang tuanya. Jika takut pecah, damping anak selama makan.

 

3. Naik-turun tekstur makanan

Tekstur makanan baik lembut, kasar, atau semi kasar juga sangat berpengaruh. Jika setiap hari ia makan nasi dengan tekstur yang kasar, mungkin sesekali ia ingin makan pasta atau mie. Mungkin juga ia ingin makan sup atau bubur yang teksturnya sedikit halus.

 

4. Kreasikan menu

Menjadi ibu memang dituntut untuk lebih kreatif untuk mengkreasikan menu makanan. Kita saja orang dewasa kadang bosan dengan menu yang itu-itu saja, maka perlakukan anak dengan sama. Kreasikan menu dengan cita rasa beragam setiap harinya agar anak tidak bosan.

 

5. Buat bento kreatif

Saat ini membuat bento atau bekal yang kreatif memang sangat marak. Sudah banyak toko yang menjual peralatan untuk membuat kreasi bento. Kamu bisa membuat nasi berbentuk pesawat, boneka, atau menata sayuran dan buah menjadi bentuk yang menggemaskan agar buah hati semangat makannya.

 

6. Ajak makan bersama

Ciptakan suasana makan bersama dengan keluarga. Saat melihat anggota keluarga lain sedang makan, biasanya anak-anak akan lebih tertarik untuk ikut makan. Atur jam makan anak sedemikian rupa hingga bisa bersama dengan ayah atau ibu nya.

 

Selamat mencoba ya, Sisters! Semoga kita bisa membuat menu makanan terbaik untuk buah hati dan mereka pun bisa dengan senang memakannya. Jika anak tumbuh sehat tentu ibu akan sangat bahagia melihatnya.

Leave a Reply