Tips Merawat Rambut untuk Yang Berjilbab

Tips Merawat Rambut untuk Yang Berjilbab

Memakai jilbab adalah kewajiban bagi muslimah, namun berjilbab pun banyak tantangannya, salah satunya adalah masalah rambut. Karena sering tertutup., keringat dan minyak alami kulit kepala pun terperangkap di bawah jilbab, membuat rambub lembab terutama saat panas.

Cara berjilbab yang menuntut rambut terbungkus rapat pun susah dilakukan saat rambut masih basah, karena bisa membuat kain ikut basah. Selain itu, muslimah yang aktif juga sering mengalami jilbab basah dan kotor walau baru dipakai sehari.

Bayangkan jika rambut Anda tidak dirawat dengan baik, atau jika Anda jarang memerhatikan kebersihan jilbab, pasti rambut Anda akan mengalami masalah seperti rontok, berketombe dan sering berbau. Selain itu, jilbab Anda juga pasti akan ikut kotor dan berbau.

Padahal, bukankah menjaga kebersihan adalah kewajiban para muslim? Pastinya kurang pantas jika penampilan Anda apik dengan busana muslimah, tetapi rambut dan jilbab nampak kurang terawat serta berbau tak sedap.

Supaya rambut dan jilbab terjaga kebersihannya, berikut ini beberapa tips merawat rambut untuk muslimah yang berjilbab:

  • Belilah pengering rambut; tidak usah yang mahal, yang penting bisa Anda gunakan untuk mengeringkan rambut secara maksimal. Ini berguna jika Anda baru keramas tetapi tidak punya waktu untuk menunggu rambut kering sebelum memakai jilbab. Rambut basah yang langsung dibungkus jilbab bisa berbau apak dan mendapat masalah ketombe.
  • Pakailah shampoo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, entah itu rambut berminyak, kering atau cenderung rontok. Shampoo dengan kandungan mint bisa memberi rasa nyaman untuk kepala yang biasa terbungkus.
  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang di bawah jilbab. Kalaupun harus diikat kencang, kendurkan sedikit saat Anda sudah tidak di luar rumah; ini agar rambut tidak rontok.
  • Saat sudah pulang ke rumah, jangan membungkus rambut terlalu lama dalam jilbab yang kotor dan basah. Langsung lepas jilbab untuk dicuci dan ganti dengan jilbab bersih.
  • Apapun cara berjilbab Anda, yang penting kain jilbab harus selalu bersih. Pastikan juga kain jilbab tidak lembab saat hendak dipakai.

Dengan tips merawat rambut ini, rambut dan jilbab Anda akan selalu bersih dan nampak terawat.

Leave a Reply