Penyakit diabetes gejalanya hampir mirip dengan kondisi sakit pada umumnya,oleh karena itu banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka sudah terkena penyakit diabetes bahkan sudah mengarah pada penyakit komplikasi lainnya. maka dari itu sebaiknya pengecekan gula darah dilakukan secara rutin agar lebih terkontrol. Bagi sebagian orang, sebaiknya mengenal beberapa gejala yang bisa mengarah pada gejala diabetes diantaranya:

  • Berat badan yang turun secara drastis

Berat badan turun secara drastis bukanlah hal yang biasa, apa lagi jika hal ini terjadi terus menerus maka  sudah seharusnya Anda lebih waspada. Orang yang terkena penyakit diabetes biasanya mengalami penyusutan berat badan cukup signifikan. Hal ini dianggap sebagai awal dari gejala diabetes, akibat glukosa yang tidak bisa diserap secara maksimal oleh tubuh.

  • Meningkatnya Nafsu Makan

Peningkatan nafsu makan menjadi salah satu tanda awal gejala diabetes, hal ini disebabkan sel yang ada dalam tubuh membutuhkan asupan glukosa yang lebih banyak dari biasanya, asupan glukosa ini biasanya bersumber dari makanan, akan tetapi karena tubuh tidak ada dalam kondisi yang optimal maka tubuh jadi tidak bisa bermetabolisme dengan baik, hal itulah yang memicu rasa lapar berlebih

  • Sering Buang Air Kecil

Seringnya buang air kecil menjadi hal yang paling banyak diketahui oleh masyarakat luas sebagai tanda dari gejala diabetes, pasalnya bila hal ini terjadi pada diri Anda sebaiknya Anda segera memeriksakan diri, agar dapat segera mendapat penanganan terbaik.

 Gejala diabetes

  • Merasa kebas dan kesemutan

Jika kadar gula darah cukup tinggi biasanya kesemutan dan kebas akan lebih sering terasa. Bagian tubuh yang sering terasa kebas dan kesemutan diantanya adalah jemari tangan dan kaki,  bila hal ini terjadi, biasanya hal ini menandakan bahwa gejala diabetes sudah masuk ke stadium lanjut dan mengakibatkan kerusakan yang terjadi pada serabut saraf.

  • Terganggunya penglihatan mata

Karena glukosa yang semakin meningkat mengakibatkan meningkatnya cairan yang masuk kepembuluh darah mata menjadi sangat terbatas. Kondisi yang seperti itu dapat membuat lensa mata  menjadi berubah bentuk. Akan tetapi ciri yang seperti itu bisa hilang apabila gula darah semakin menurun dan kembali normal.

  • Luka yang sulit mongering dan sembuh

Para penderita penyakit diabetes memiliki kadar gula yang berlebih sehingga menyebabkan kekebalan yang ada dalam tubuh menjadi tidak normal. Apabila penderita diabetes secara tidak sengaja memiliki luka luar, maka biasanya akan sangat sulit untuk proses pemulihannya.

Hal – hal yang menjadi penyebab dibalik munculnya penyakit diabetes, serta penanganannya

Bila diteliti secara umum, hal hal yang menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes yang dapat menyerang seseorang bisa digolongkan menjadi 2 hal yaitu, penyebab  diabetes yang dapat dikontrol dan faktor penyebab yang tidak dapat dikontrol seperti faktor turunan atau genetika.

 Gejala awal diabetes dan pencegahannya

  1. Penyebab yang tidak dapat dikontrol

Penyebab ini merupakan beberapa penyebab yang telah ada karena bawaan lahir dan tidak dapat dihindari, beberapa hal tersebut diantaranya:

  • Berkurangnya fungsi pancreas karena usia

Berkurangnya fungsi organ pankreas bisa disebabkan karena adanya penuaan usia. Biasanya organ pancreas bekerja secara normal dalam pembentukan insulin akan tetapi karena fungsi pancreas mengalami penurunan maka produksi insulinpun menjadi tidak normal. Maka dari itu, dianjurkan bagi mereka yang usianya sudah diatas 40 tahun rutin melakukan pemeriksaan secara teratur.

  • Keturunan atau Genetika

Seseorang yang memiliki orang tua atau keluarga yang sudah terkena diabet lebih besar kemungkinannya untuk  memiliki riwayat sakit diabetes, hal ini dikarenakan diabetes adalah penyakit yang bisa menurun.

  1. Penyebab yang dapat dikendalikan / dikontrol

Penyebab yang sebenarnya masih bisa dikendalikan dan dikontrol ini sebenarnya bermula dari gaya hidup dan kebiasaaan seseorang, yang mana sebenarnya hal ini masih bbisa dirubah untuk mencegah gejala diabetes

  • Menghilangkan kebiasaan merokok

Semua orang pasti sudah tahu bahwa rokok dapat member resiko sakit diabetes bagi pecandunya, untuk menghindari penyakit diabetes tentunya hal yang harus dilakukan adalah mengurangi rokok atau berhenti merokok sebelum penyakit diabetes lebih parah menyerang tubuh.

  • Berat badan yang berlebih atau kegemukan

Kemungkinan seseorang terjangkit diabetes, dapt meningkat seiring dengan bertambahnya berat badan seseorang, hal ini bisa saja terjadi karena asupan makanan yang dimakannya kurang terkontrol dengan baik.

  • Tidak pernah olah raga

Tubuh yang kurang bergerak, sangat berisiko tinggi mengalami diabetes, untuk itu olahraga sebaiknya dilakukan secara teratur setiap hari

  • Kolesterol yang tinggi

Bila kadar HDL  dalam tubuh mencapai kurang dari 35mg/dL, dan kadar trigliserida melebihi angka 250mg/dL biasanya hal tersebut juga dapat menjadi tanda bahwa seseorang sudah terkena gejala diabetes. Oleh sebab itu mengontrol kadar kolesterol juga menjadi hal penting yang harus dijaga

Gejala diabetes pada anak muda

Penyakit diabetes belum bisa disembuhkan dan hanya bisa dikontrol

Penyakit diabetes ini sebenarnya hampir sama seperti penyakit mematikan lainnya, belum bisa disembuhkan dan hanya dapat dikontrol agar penyakitnya tidak menyebabkan komplikasi kepenyakit yang lainnya. Namun  ada beberapa cara terapi agar kadar gula dalam darah menjadi normal diantaranya:

  • Menjalankan pola hidup sehat, rutin melakukan olahraga serta rutin cek kadar gula darah
  • Jika ada luka, sebaiknya segera diobati sesuai dengan petunjuk dokter
  • Mengatur pola diet sehat dan teratur melakukan penyuntikan insulin

Sangat dianjurkan untuk mereka yang belum terkena penyakit diabetes agar lebih waspada tehadap gejala diabetes yang bisa terjadi kapan saja, oleh karena itu pengaturan pola hidup sehat sangat penting agar kita terhindar dari bahaya jangka panjang yang dapat terjadi karena penyakit diabetes.

Baca juga: 7 tips mengurangi konsumsi gula

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here