Waspadai Sayuran Mulus !

Seperti yang kita ketahui bahwa sayuran bagi kesehatan sangat lah penting. Kandungan serat dan vitaminnya yang sangat tinggi tentu amat sangat baik bagi tubuh. Untuk itu kita tentu harus mengkonsumsinya setiap hari. Namun, untuk mengkonsumsi sayuran kita harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan di era sekarang ini banyak sekali sayuran-sayuran yang dalam proses penanaman dan pemeliharaannya tidak memenuhi standar kesehatan. Maksudnya adalah petani sekarang lebih mementingkan tingkat keuntunggan atas hasil panennya ketimbang unsur produk yang dihasilkannya berkualitas bagi kesehatan.

Hijapedia It's Your Community (88)

Sayuran yang mulus tanpa lubang memang sangat menarik dan hal ini menjadikan ibu rumah tangga pada saat membeli sayuran ia lebih memilih sayuran yang tampilannya bagus, mulus, teksturnya keras dan warnanya terang. Hal itu boleh dilakukan, ASAL kita tahu bagaimana riwayat sayuran tersebut, mulai dari pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan sampai pada pemanenan. Yang tentunya dengan pertimbangan bahwa dalam budidaya yang dilakukan tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan, misal dalam penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, pestisida yang berlebihan dan unsur kimia lainnya yang berlebihan sehingga mengakibatkan produk atau sayuran yang dihasilkan akan berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi.

Namun jika kita tidak tahu riwayat sayuran yang kita beli ini yang memiliki tampilan amat bagus, mulus, warnanya terang dan tentu menarik ini makan kita harus waspada. Karena banyak petani yang menggunakan pestisida demi meningkatkan produksi pertanian. Kita pasti tahu bahwa pestisida ini memiliki peran untuk membasmi hama pengganggu pada tanaman pertanian tapi jika digunakan secara berlebihan akan menimbulkan kandungan residu yang tingggi pada produk pertanian tak terkecuali sayuran.

Dengan demikian, kita harus berhati-hati dalam memilih sayuran. Jangan sampai niat kita mengkonsumsi sayuran demi kesehatan malah sebaliknya membuat tubuh kita jauh dari kata sehat seperti timbulnya kanker dan penyakit lainnya. Dengan kata lain, kita lebih baik memilih sayuran yang bolong atau robek karena dimakan ulat. Kenapa ? Karena itu berarti sayuran tersebut mengandung sedikit pestisida sehingga ulat pun mau memakannya, namun jika ulat pun tidak mau memakannya sehingga sayuran itu tetap terlihat mulus itu berarti menunjukan bahwa sayuran tersebut mengandung banyak pestisida.

“So, kalau ulat pun tau mana sayuran yang baik kenapa kita tidak ? “ jangan kalah sama ulat ya, pastikan kita lebih pintar dalam memilih sayuran. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga:
Menjaga Kesehatan Kulit dengan Cara Alami
Bahan Alami Pengusir Bau Badan

Leave a Reply