Yuk Berenang!

Dan sesungguhnya jika kamu menanyakan kepada mereka:”Siapakah yang menurunkan air dari langit lalu menghidupkan dengan air itu bumi sesudah matinya?”

Tentu mereka akan menjawab: “Allah”,

Katakanlah: “Segala puji bagi Allah”, tetapi kebanyakan mereka tidak memahami(nya).

(Q.S.   Al-Ankabut: 63)

Siapa yang tidak suka air? Air melepaskan dahaga. Air juga menyegarkan. Bahkan, air merupakan sumber kehidupan. Begitu banyak manfaat air dan begitu menyenangkan beraktivitas dengan air. Tak heran, berenang menjadi salah satu olah raga yang diminati banyak orang. Peluh pun tak terasa karena semua sudah berbaur dengan air di kolam renang.

Berenang adalah salah satu olah raga yang disunnahkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Bagi para Muslimah, memang perlu beberapa pertimbangan untuk memilih olah raga renang, tapi berenang sangat mungkin untuk dilakukan.

Pertama, berenang selalu identik dengan pakaian renang konvensional atau bikini. Pakaian jenis ini sudah pasti tidak Islami. Apalagi kalau bukan karena kewajiban menutup aurat. Hal ini tidak menjadi masalah karena sekarang banyak dijual pakaian berenang muslimah yang menutupi hampir semua anggota tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki, kecuali wajah dan tangan. Ketika membeli pakaian renang ini, jangan lupa untuk memastikan ukurannya cukup longgar di badan dan bahannya lentur dan ringan.

Kedua, kolam renang pada umumnya tidak memisahkan area laki-laki dan perempuan. Padahal, meski sudah menggunakan pakaian renang khusus muslimah yang longgar, pakaian tersebut tetap menempel pada kulit dan membentuk tubuh ketika basah. Jadi, akan cukup bijak kalau kita mencari tahu terlebih dahulu kolam renang khusus perempuan. Biasanya, kolam renang umum menyediakan satu hari atau beberapa jam dalam seminggu waktu khusus perempuan. Akan lebih baik lagi kalau kita bisa menemukan kolam renang khusus muslimah. Berbeda dengan kolam renang khusus perempuan, kolam renang khusus muslimah mengharuskan pengguna kolam renang untuk menggunakan pakaian renang yang tertutup (pakaian renang untuk muslimah) selama berada di area kolam renang. Selain itu, terkadang kolam renang khusus perempuan masih mempekerjakan pegawai laki-laki, tapi tidak demikian dengan kolam renang khusus muslimah. Karena sekarang sudah banyak kolam renang khusus muslimah, tak perlu risau lagi untuk bisa menikmati olah raga renang.

Terakhir, untuk menjaga diri, pastikan mendapat izin orang tua atau suami sebelum memutuskan untuk berenang dan upayakan tidak pergi ke kolam renang sendirian.

Jadi, jangan ragu untuk berenang, ya…

Baca juga:
9 Manfaat air putih untuk kesehatan tubuh

Leave a Reply